Rekomendasi Pedoman Komunikasi Pemasaran Berbasis Pertimbangan Etika Key Opinion Leaders Industri e-Commerce

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10445

Keywords:

Influencer Marketing, Key Opinion Leader, E-Commerce, Komunikasi Pemasaran, Etika Pemasaran, Word-of-Mouth, e-WOM

Abstract

Dengan semakin bertumbuhnya penetrasi internet di Indonesia, ditambah dengan efek dari COVID-19 di tahun 2020 lalu, industri e-commerce menjadi bertumbuh pesat. Selain itu, pertumbuhan influencer juga menjadi salah satu strategi yang menjadi mulai dikenal dan diadopsi oleh beberapa perusahaan. Penggunaan influencer sebagai strategi pemasaran  sering dikenal juga sebagai sebagai influencer marketing, yaitu penggunaan beberapa orang yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap suatu brand. Sekelompok orang ini yang dikenal sebagai Key Opinion Leaders ini menjadi banyak juga digunakan, salah satunya di industri e-commerce. Melalui penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan cara observasi terhadap salah satu perusahaan e-commerce selama 3.5 bulan secara langsung, melakukan wawancara mendalam terhadap 3 Key Opinion Leaders (KOL) dan 3 karyawan yang bekerja erat dengan para KOL, sehingga dapat memahami isu bisnis yang terjadi, lalu juga dapat menyusun strategi pemasaran dalam bentuk pedoman sebagai solusi isu yang terjadi dan mencegah adanya persoalan-persoalan etika di kemudian hari.

Author Biographies

Louise Angelita, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Louise Angelita is a Master of Business Administration from Institut Teknologi Bandung (2020-2021). She has an interest in research and works in the fields of marketing, business ethics, and strategy management. She also had experience in professional work with the e-commerce industry for at least 1 year until now (since 2019).

Andika Putra Pratama, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Andika Putra Pratama is an Assistant Professor School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). In his research, he is interested in issues related to organizational behavior, organization theory, business ethics, and cross-cultural management.

References

Astuti, R.L.M.B, 2016. Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. E-Journal Universitas Diponegoro tahun 2016. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/14474/14004

Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik E-Commerce 2020. Retrieved from: https://www.bps.go.id/publication/2020/12/24/2548417ddc6dab8247553124/statistik-e-commerce-2020.html

Buletin APJII Edisi 23 April 2018. Downloaded from: https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI23April2018.pdf. Accessed on 29 March 2021.

Crossan, M., Mazutis, D., Seijts, G. 2013. In Search of Virtue: The Role of Virtues, Values and Character Strengths in Ethical Decision Making. Journal of Business Ethics 2013113:567–581. DOI:10.1007/s10551-013-1680-8

DesJardins, J. 2014. An Introduction to Business Ethics, Fifth Edition. McGraw Hill: Singapore.

Detik. Influencer Dilarang Promosikan Vape. Obtained from: https://inet.detik.com/cyberlife/d-4829661/influencer-instagram-dilarang-promosikan-vape . Accesed on 2 April 2021.

DIGITAL 2020: INDONESIA by Hootsuite. Obtaned from: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia. Accessed on 5 March 2021.

Kaptein, M. 2008. Developing a Measure of Unethical Behavior in the Workplace: A Stakeholder Perspective. Journal of Management 2008 34:978.

Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1)

Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N. I. (2020). Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.

Maulana, I., Manulang, J.M, Salsabila, O. 2020. Pengaruh Social Media Influencer terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak Vol 17, No.1, Maret 2020, pp 28-34. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/bijak/article/view/823

Nielsen Insight 2019 Article. Obtained from: https://www.nielsen.com/ie/en/insights/article/2019/measure-for-measure-like-it-or-not-influencer-marketing-is-changing/. Accessed on 8 March 2021

Nielsen TapInfluence 2016. Sales Effect Study: Influencer Marketing. Obtained from:https://cdn2.hubspot.net/hubfs/1882019/TapInfluence/Resources/1009%20-%20Nielsen_Study_Case_Study.pdf . Accessed on 9 March 2021.

Schiffman, L.G and Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior, tenth Edition. Pearson:New Jersey

Statista Digital Markets eCommerce in Indonesia. Obtained from: https://www.statista.com/outlook/dmo/ecommerce/indonesia. Accessed on 10 March 2021.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Techno. Pertumbuhan E-Commerce Tahun Ini Meningkat Tajam di Indonesia. Anjasman Situmorang. Obtained from: https://techno.okezone.com/read/2020/11/04/16/2304173/pertumbuhan-e-commerce-tahun-ini-meningkat-tajam-di-indonesia. Accessed on 19 March 2021.

Downloads

Published

2021-06-01