Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada konsumen PT.BCA Finance, Kantor Pusat Jakarta Selatan)

Authors

  • Ratih Andalusi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.10740

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Pelaksanaan riset ini adalah untuk menguji dan menganalisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan PT.BCA Finance Kantor Pusat Pondok Indah, Jakarta.  Adapun metode yang digunakan pada proses penelitian saat ini yang dilakukan oleh peneliti  adalah kuantitatif melalui pendekatan asosiatif. Dimana Analisa data yang digunakan adalah, perhitungan regresi, Analisa nilai korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Sample diperoleh yaitu mengikuti cara Tekhnik Purpose Random Sampling, yang merupakan konsumen aktif perusahaan tersebut, Dengan total  100 responden. Daripenelitian tersebut, Diapatkan hasil yaitu pengaruhh positif dan sigifikan antara kualitas layanan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas pelanggann dengan persamaaan regresi linier bergada y = 48,41+ 0,492X1 + 0,617X2. Nilai Adjust R-Square snilai 0,672 dimana kualá¼±tas pelayanan dan Kepuasan tehadap Loyaltas Pelanggan memberikan kontribusi sebesaar 67,2%, Ujá¼± simultan F kualitas Pelayanan dan Kepusan sebesar 62,041> 3,94 dengan nilai sig 0,000 < 0,1sehingga dapat disimpulkan pengaruhnya adalah signifikan.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Buchari Alma. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Semarang: BP Undip Semarang.

Apriyanti, M. D. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Pemberian Kredit terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. BPR Cabang Tangerang. Jurnal Mozaik, 11(1), 18-25

Azwar, Saifuddin, 1998. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukutan Prestasi balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Hayani, (2020) Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal : Journal of Management And Bussines (JOMB) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Serelo Lahat. Diakses pada 20 september 2020 dari https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOMB/issue/view/112

Irfanudin, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasann Pelanggan. Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2(1). http://dx.doi.org/10.32493/smk.v2i1.2662

Irfanudin, A., Andalusi, R., & Jamil, I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pristine 8+ Pada PT Super Wahana Tehno. Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(3), 103-119. http://dx.doi.org/10.32493/smk.v3i3.7102.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13, Jilid 2, Erlangga, Jakarta. 2013.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin L, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13 jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2009.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Nurhidayati, N., & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, 2(1), 69-75

Rangkuti, Freddy. 2016. “Riset Pemasaranâ€. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rachmawati, R. (2014). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Makanan). Teknobuga, 1(1), 66-79

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Nasution, M.N, 2004, Manajemen Jasa Terpadu, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Sugiono,2012, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta.Bandung

Downloads

Published

2021-10-01