Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tepung Terigu Bogasari Di DKI Jakarta)

Authors

  • Desi Natalia Gultom Universitas Telkom
  • Arry Widodo Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.11122

Keywords:

Pemasaran Ramah Lingkungan, Keputusan Pembelian, Minat Beli

Abstract

Eksplorasi ini mempunyai tujuan membedakan dan mengkaji dampak green marketing pada pertimbangan pembelian dan pilihan pembelian produk tepung terigu Bogasari di DKI Jakarta. Digunakannya metode kuantitatif dalam penelitian ini dengan jenis metodenya deskriptif atau sebab akibat (kausal). Populasi dalam penyelidikan ini adalah pembeli produk tepung Bogasari yang berdomisili di DKI Jakarta. Dalam pengambilan sampel digunakannya metode non-probability sampling tipe purposive sampling dengan jumlah respondennya 400. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu Partial Least Square (PLS).    Bersumber pada hasil analisis dan pengujian teori yang telah dicoba, tentu saja green marketing mempunyai pengaruh positif yang signifikan pada minat belinya, green marketing mempunyai pengaruh positif yang signifikan pada keputusan pembelinya, serta minat beli mempunyai pengaruh positif yang signifikan pada keputusan pembelinya. Serta terdapat pengaruh signifikan antara green marketing dengan keputusan pembeliannya melalui minat beli, dengan kata lain yang mampu mnejadi variabel intervening yaitu minat beli dalam green marketingnya terhadap keputusan pada pembeli produk tepung terigu Bogasari di DKI Jakarta.

References

Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Aldoko, W., Suharyono., & Yuliyanto, E. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia. (2016, Oktober 28). Retrieved from aptindo.or.id:http://aptindo.or.id/2016/10/28/indonesia-wheat-flour- cunsumption-growth/

Bogasari. (2019, November 29). Retrieved from bogasari.com: https://www.bogasari.com/news/kemasan-terigu-bogasari-ramah-lingkungan

Geyer, R., Jambeck, J. R., & Law, K. L. (2017). Production, use, and fate of all plastics ever made. Science Advances.

Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan. (2016, Februari 19). Retrieved from menlhk.go.id: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/1184

Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen, Edisi 14. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kusuma, E. I., Surya, J., & Suhendra, I. (2017). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Singhal, A., & Malik, G. (2018). The attitude and purchasing of female consumers towards green marketing related to cosmetic industry. Journal of Science and Technology Policy Management.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Downloads

Published

2021-10-01