Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tepung Terigu Bogasari Di DKI Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.11122Keywords:
Pemasaran Ramah Lingkungan, Keputusan Pembelian, Minat BeliAbstract
Eksplorasi ini mempunyai tujuan membedakan dan mengkaji dampak green marketing pada pertimbangan pembelian dan pilihan pembelian produk tepung terigu Bogasari di DKI Jakarta. Digunakannya metode kuantitatif dalam penelitian ini dengan jenis metodenya deskriptif atau sebab akibat (kausal). Populasi dalam penyelidikan ini adalah pembeli produk tepung Bogasari yang berdomisili di DKI Jakarta. Dalam pengambilan sampel digunakannya metode non-probability sampling tipe purposive sampling dengan jumlah respondennya 400. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu Partial Least Square (PLS). Bersumber pada hasil analisis dan pengujian teori yang telah dicoba, tentu saja green marketing mempunyai pengaruh positif yang signifikan pada minat belinya, green marketing mempunyai pengaruh positif yang signifikan pada keputusan pembelinya, serta minat beli mempunyai pengaruh positif yang signifikan pada keputusan pembelinya. Serta terdapat pengaruh signifikan antara green marketing dengan keputusan pembeliannya melalui minat beli, dengan kata lain yang mampu mnejadi variabel intervening yaitu minat beli dalam green marketingnya terhadap keputusan pada pembeli produk tepung terigu Bogasari di DKI Jakarta.
References
Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Aldoko, W., Suharyono., & Yuliyanto, E. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia. (2016, Oktober 28). Retrieved from aptindo.or.id:http://aptindo.or.id/2016/10/28/indonesia-wheat-flour- cunsumption-growth/
Bogasari. (2019, November 29). Retrieved from bogasari.com: https://www.bogasari.com/news/kemasan-terigu-bogasari-ramah-lingkungan
Geyer, R., Jambeck, J. R., & Law, K. L. (2017). Production, use, and fate of all plastics ever made. Science Advances.
Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan. (2016, Februari 19). Retrieved from menlhk.go.id: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/1184
Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen, Edisi 14. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kusuma, E. I., Surya, J., & Suhendra, I. (2017). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Singhal, A., & Malik, G. (2018). The attitude and purchasing of female consumers towards green marketing related to cosmetic industry. Journal of Science and Technology Policy Management.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.