STRATEGI BAURAN PEMASARAN INTERNET DI PT. INDO INTERNET JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i3.1149Abstract
ABSTRAK
Jasa internet merupakan bisnis yang sangat popular dalam bidang teknologi komunikai dan informasi melalui media elektronik (komputer, gadget, telepon gegam, dll.) yang akhir-akhir ini semakin pesat perkembangannya. Jumlah pelanggan internet di seluruh Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan sebanyak 63,6 juta dari total penduduk 256,2 juta orang. Potensi pasar jaringan internet berkembang cukup pesat seiring dengan besarnya angka pengguna komputer, gadged dan telepon gegam. Landasan teori dalam studi ini menggunakan beberapa teori umum tentang manajemen pemasaran dan teori tentang strategi bauran pemasaran khususnya yang ada kaitannya dengan bisnis internet. Studi ini lebih bersifat kasus yang menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) serta matriks General Electric, dan metode statistik dengan teknik Persamaan Regresi Berganda, yaitu Y = f (X1, X2) dengan merumuskan hipotesa nihil (Ho) dan hipotesa alternative (Ha). Hasil studi ini menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya subnet/local access link corporate mempunyai pengaruh yang signifikan (90%) terhadap total penjualan PT. Indo Internet. Sedangkan faktor lain yang berpengaruh terhadap penjualan sebesar 10%. Perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan dan dalam taraf pertumbuhan. Implikasi strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PT. Indo Internet sudah cukup baik, namun masih perlu dikembangkan khususnya dalam strategi distribusi (subnet), strategi promosi (iklan) dan loyalty program serta strategi pengembangan produk, sehingga pangsa pasar dapat ditingkatkan.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriik Geneneral Electric, PT. Indo Internet
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.