STRATEGI BAURAN PEMASARAN INTERNET DI PT. INDO INTERNET JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR

Authors

  • Sulaiman Sulaiman Universitas Pemulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i3.1149

Abstract

ABSTRAK

Jasa internet merupakan bisnis yang sangat popular dalam bidang teknologi komunikai dan informasi melalui media elektronik (komputer, gadget, telepon gegam, dll.) yang akhir-akhir ini semakin pesat perkembangannya. Jumlah pelanggan internet di seluruh Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan sebanyak 63,6 juta dari total penduduk 256,2 juta orang. Potensi pasar jaringan internet berkembang cukup pesat seiring dengan besarnya angka pengguna komputer, gadged dan telepon gegam. Landasan teori dalam studi ini menggunakan beberapa teori umum tentang manajemen pemasaran dan teori tentang strategi bauran pemasaran khususnya yang ada kaitannya dengan bisnis internet. Studi ini lebih bersifat kasus yang menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) serta matriks General Electric, dan metode statistik dengan teknik Persamaan Regresi Berganda, yaitu Y = f (X1, X2) dengan merumuskan hipotesa nihil (Ho) dan hipotesa alternative (Ha). Hasil studi ini menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya subnet/local access link corporate mempunyai pengaruh yang signifikan (90%) terhadap total penjualan PT. Indo Internet. Sedangkan faktor lain yang berpengaruh terhadap penjualan sebesar 10%. Perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan dan dalam taraf pertumbuhan. Implikasi strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PT. Indo Internet sudah cukup baik, namun masih perlu dikembangkan khususnya dalam strategi distribusi (subnet), strategi promosi (iklan) dan loyalty program serta strategi pengembangan produk, sehingga pangsa pasar dapat ditingkatkan.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriik Geneneral Electric, PT. Indo Internet

Downloads

Published

2018-03-19