Strategi Komunikasi Pemasaran Oleh Bukit Air Wedding Dalam Menarik Minat Konsumen selama Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.12076Keywords:
strategi komunikasi pemasaran, instagram, wedding organizerAbstract
Bukit Air Wedding, salah satu wedding organizer yang berada di Kota Bogor merupakan salah satu usaha jasa yang turut terkena dampak pandemi Covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pesan dan media yang dilakukan oleh Bukit Air Wedding melalui platform Instagram sebagai media utama komunikasi pemasaran mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam dengan informan kunci, dan diperkuat oleh pernyataan dari informan ahli, dan empat informan pendukung. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran Mahmud Machfoeds dengan fokus utama pada strategi pesan dan strategi media. Strategi pesan meliputi isi informasi dan bentuk kreatif, sedangkan strategi media meliputi pemilihan media dan celah konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, Bukit Air Wedding menggunakan konten edukasi sebagai dasar utama strategi pesan dan Instagram sebagai media utama, namun, tidak ada perubahan strategi media yang dilakukan Bukit Air Wedding baik sebelum pandemi maupun saat pandemi.References
Aulia, A. T. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Patron Organizer Melalui Media Sosial Instagram Wedding Marketing Communication Strategy of Patron Wedding Organizer. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1.
Bungin. B. (2014). Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Kencana Prenada Media Group. Desi, M. & Yuliana, L. (2014). Wedding Organizer Order Management. Bina Nusantara
Faruqi, A. & Wahyuni, I. L. (2017). Analisis Strategi Word of Mouth Marketing Akun Instagram @Exploresawahlunto.
Febriani, Nufian & Asmara, Wayan, W. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya.
Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.
J. Paul Peter, C. O. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (09 ed.). Salemba Empat.
Jeremy Kees, P. D. (2018). Consumer Behaviour.Villanova School of Bussnines. Mahmud Machfoeds. (2010).
Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Nurkholiq, I. (2019). Pengatuh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati di Kota Bandung. Bandung: Universitas Telkom.
Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167.
Philip, Kotler. & Gary, A. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 13,). Erlangga.
Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Prisani Cendekia.
Putu, I. & Fanni Hanifa, S.E., M. (2019). Effect of Event Marketing Towards Interest in Buying Daihatsu All New Terios. 05.
Ramidah, K. (2020, 09 Juni). New Normal di Tengah Pandemi Covid-19. Diambil dari: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-sidempuan/bacaartikel/13169/New- Normal-di Tengah- Pandemi-Covid 19. Djkn.kemenkeu.go.id. (Akses: 21 Oktober2020).
Roro, Maheswari. & Barzyan. (2020). Officially Told Podcast Ep. 02. Wedding di New Normal. Diambil dari: https://www.youtube.com/watch?v=dET_txSz440. (Akses: 21 Oktober 2020).
Satih, S. & Very, J. (2013). Problem Pernikahan dan Strategi Penyelesainnya: Studi Kasus Pada Pasangan Suami Istri Dengan Usia Perkawinan Di Bawah Sepuluh Tahun. 15.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.
Suherman, K. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods PT. Expand Berlian Mulia di Semarang.
Sukwadi, R., Inderwati, M. W., & Yemima, M. I. (2016). Perilaku konsumen dalam pemilihan online shop instagram. Jurnal Metris, 17, 123–132.
Sulistya, R. (2020, 25 Maret). Jasa Wedding Organizer Terdampak Wabah Covid-19. Diambil dari: https://republika.co.id/berita/q7ratl463/jasa-emwedding-organizerem- terdampak-wabah- covid19. Republika. (Akses: 21 Oktober 2020).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sutisna, S. M. (2013). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya. Zuraya, N. (2020, 26 Agustus). Industri Kreatif Terdampak Pandemi Paling Parah. Diambil dari: https://republika.co.id/berita/qfnqn9383/kemenperin-industri-kreatif-erdampak-pandemi- paling-parah. Repubika. (Akses: 21 Oktober 2020).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.