Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Pelanggan PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.12263Keywords:
Startegi Pemasaran, Bauran PemasaranAbstract
Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki strategi bauran pemasaran yang dimana dapat membantu perusahaan untuk mencapai suatu target dan hasil yang diinginkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan pada PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak, yang dimana dapat ditinjau dari segi produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli sepeda motor Honda di PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel / responden. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi bauran pemasaran PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak untuk produk responden menyatakan sangat setuju (61%), untuk kategori rharga responden menyatakan setuju (46%), untuk kategori tempat responden menyatakan sangat setuju (53%), dan untuk kategori promosi responden menyatakan setuju (58%). Hal ini menyatakan bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak sudah sangat baik.
References
Alma, Buchari. (2013.) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
David, Keith and John W. Newstorm. (2011). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta:PT. Erlangga.
David, W. Cravens. (2001). Pemasaran Strategi. Edisi IV. Cetakan 1. Jilid II. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Lamb, Hair and Mc. Daniel. (2012). Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba. Empat.
Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).
Levy, M. and Grewal, D.( 2013). Marketing. New York: McGraw-Hill.
Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.