Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Pelanggan PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak

Authors

  • Jumardi Budiman Universitas Tanjungpura
  • Steven Steven STIE Indonesia Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.12263

Keywords:

Startegi Pemasaran, Bauran Pemasaran

Abstract

Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki strategi bauran pemasaran yang dimana dapat membantu perusahaan untuk mencapai suatu target dan hasil yang diinginkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan pada PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak, yang dimana dapat ditinjau dari segi produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli sepeda motor Honda di PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel / responden. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi bauran pemasaran PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak untuk produk responden menyatakan sangat setuju (61%), untuk kategori rharga responden menyatakan setuju (46%), untuk kategori tempat responden menyatakan sangat setuju (53%), dan untuk kategori promosi responden menyatakan setuju (58%). Hal ini menyatakan bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak sudah sangat baik.  

References

Alma, Buchari. (2013.) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

David, Keith and John W. Newstorm. (2011). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta:PT. Erlangga.

David, W. Cravens. (2001). Pemasaran Strategi. Edisi IV. Cetakan 1. Jilid II. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Lamb, Hair and Mc. Daniel. (2012). Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba. Empat.

Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Levy, M. and Grewal, D.( 2013). Marketing. New York: McGraw-Hill.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-10-01