Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kreativitas Diri Terhadap Minat Wirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Kelas 63.4A.31

Authors

  • Ulta Rastryana Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.12345

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas Diri, Minat Wirausaha

Abstract

Penelitian ini di adakan dengan tujuan mencari hipotesis apakah pendidikan kewirausahaan sebagai variable bebas (X1) memiliki pengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa(Y), dan apakah kreativitas diri pribadi (X2) bisa mempunyai pengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa (Y) dan apakah pendidikan kewirausahaan dan kreativitas diri secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa (X1+X2 = Y), adapun sampel yang di gunakan adalah data mahasiswa di kelas 63.4A.31 prodi S1 Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika sebanyak 30 mahasiswa/i dan menggunakan metode penelitian statistik deskriptif kuantitatif. Setelah menggunakan metode statistik SPSS maka di peroleh nilai signifikansi 0,05, bahwa pendidikan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa, untuk kreativitas diri ternyata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat wirausaha mahasiswa dan pendidikan kewirausahaan dan kreativitas diri secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa

Author Biography

Ulta Rastryana, Universitas Bina Sarana Informatika

Dosen Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Bina Sarana Informatika

References

Chandler G.N, & DeTienne, D. . (2013). Opportunity Identification and Its Role in the Entrepreneurial Classroom: A Pedagogical Approach and Empirical Test. Academy of Management Learning & Education. https://doi.org/https://doi.org/10.5465/amle.2004.14242103

Devi Setyowati dan I Wayan Widana. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, V No. 1, 66–72.

Dewi Karyaningsih, R. P. (2017). Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 162–175. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.2.4

Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2019). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310

Gelderen, M. Van, Brand, M., Praag, M. Van, Bodewes, W., & Gils, A. Van. (2008). Theory Of Planned Behaviour Explaining Entrepreneurial Intentions By Means Of The Theory Of Planned Behaviour. Career Development International, 538–559. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/13620430810901688

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Murugesan, R., & Jayavelu, R. (2017). The Influence of Big Five Personality Traits and Self-efficacy on Entrepreneurial Intention : The Role of Gender. Journal of Entrepreneurship and Innovation in Emerging Economies, 2(2010), 41–61. https://doi.org/10.1177/2393957516684569

Rahmi, E. (2015). Re-Design Mata Kuliah Kewirausahaan Sebagai Upaya Melahirkan Entrepreneur Muda.

Sandi, A., & Nurhayati, M. (2020). Effect of Entrepreneurship Education, Family Environment and Self-Efficacy on Students Entrepreneurship Intention. International Conference on Management, Economics and Business (ICMEB 2019), 120(Icmeb 2019), 9–12.

Sari, W. P. (2020). Mahasiswa Dengan Self Efficacy. 3.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Widiasari, S., S.A, S., Mulasari, & Tentama, F. (2019). Entrepreneurship education to improve entrepreneurship intention. Humanities and Social Sciences Reviews. https://doi.org/https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7325

Downloads

Published

2021-10-01