Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Khitanan Paramedika Bandung (Studi Pada Klinik Khitan Paramedika)

Authors

  • Noviani Siti Sundari Politeknik Piksi Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.12493

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Studi ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Klinik Khitan Paramedika. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam pengkajian ini sebanyak 30 responden.Teknik penentuan sampel memakai cara purposive sampling.Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hiptesis t  dan F, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS Versi 23.

Bersumber pada hasil studi informasi dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien klinik khitan paramedika menjelaskan bahwa data berdistribusi normal dan berpengaruh positif. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,899 menunjukan bahwa tingkat hubungan pengaruh kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Nilai koefisien determinasi adalah 80,8 % yang menyatakan bahwa kontribusi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien senilai 80,8%, sementara sisanya 19,2 % didominasi oleh faktor lain yang tidak dikaji.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien

References

Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2).

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaif (H. Abadi (ed.); 1st ed.). CV Pustaka Ilmu.

Harfika, J. dan Nadiyah A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance, Vol. XIV No. 1.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba Empat.

Pengertian dan Jenis Klinik. (n.d.). Retrieved 30 July 2021, from https://www.pkfijaktim.or.id/pengertian-dan-jenis-klinik/

Prihartono. (2012). Manajemen Pelayanan Prima (N. Kenyar (Ed.)). Penerbit Andi.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Elex Media Komputindo.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (Ed.); ke-1). CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Penerbit Andi.

Downloads

Published

2022-02-01