Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.12506Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah strategi kuantitatif. Prosedur pengumpulan informasi menggunakan metode studi kepustakaan, wawancara dan survei. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,729 secara tegas menunjukkan adanya derajat hubungan yang kuat. Sementara nilai kefisien determinasi juga memiliki nilai 72,9%. Artinya kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 72,9%. Dan sisanya 27,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linier Y = a + bX = 0,045 + 0,326 X. Dimana nilai konstanta sebesar 0,045 menyatakan jika tidak terdapat nilai kualitas pelayanan pada kepuasan pasien makanya nilainya adalah 0,045. Nilai uji t didapatkan 8,789> 1,667( thitung > ttabel ), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang memiliki arti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap. Saran yang bisa diberikan adalah agar Rumah Sakit Mata Cicendo lebih meningkatkan kualitas pelayanan guna tercapainya kepuasan pasien khususnya pada pasien rawat inap seperti penerapan pelayanan prima (senyum , sapa, salam, sopan santun) serta cepat tanggap dalam menanggapi keluhan pasien dan memberikan perhatian serta rasa nyaman kepada pasien.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien; Kualitas Pelayanan
References
Anonim. (2004). Keputusan Menteri Kesehatan RI, No.1204/MENKES/SK/X/2004,Tentang persyaratan kesehatan lingkungan Rumah sakit. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id
Assaur, S. (2003, Januari). Customer service yang baik landasan Pencapaian Customer Satisfaction, Dalam Usahawan, No. 01 , XXXII, Januari,Jakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed.). CV Pustaka Ilmu.
Herispon. (2020). Modul Panduan Pengolahan Data Penelitian Menggunakan SPSS 23 Bagi Mahasiswa (Pekanbaru). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Kotler, P. &. (2012). Manajemen Pemasaran jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lily Wijaya, Deasy Rosmala Dewi. (2017, Oktober). Manajemen Informasi Kesehatan ll: Sistem Dan Sub Sistem Pelayanan RMIK. Retrieved from Kementrian Kesehatan Indonesia: http://bppsdkm.kemkes.id
Line, P. K. (2012). Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas.Jilid 2 Terjemah. Jakarta: BOB Sabran MM.
Nova, R. F. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammayiah Surakarta.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar - Dasar Statistik Penelitian (1st ed.). Sibuku Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); ke-1). CV Alfabeta.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Susatyo Herlambang. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Thoha, d. o. (2002). Kualitas Rumah sakit tahapan kepuasan pasien BPJA pasca oprasi. Retrieved from http://scholar.google.co.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.