Pengaruh Sistem Layanan Jemput Tabungan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bpr Syariah Harum Hikmahnugraha

Authors

  • Rizki Mubarak Thalib Politeknik Piksi Ganesha
  • Widwi Handari Adji Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.12718

Keywords:

Sistem Layanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Sistem Layanan Jemput Tabungan mempengaruhi kepuasan nasabah di PT BPRS Harum Hikmahnugraha. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Uji normalitas data, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi semuanya digunakan dalam analisis.

Diakui dengan baik bahwa sistem layanan berdampak pada kepuasan pelanggan berdasarkan perkiraan statistik. Korelasi product moment-Pearson sebesar 0,728 menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel, dengan koefisien determinasi sebesar 52,9 persen yang menunjukkan bahwa sistem pelayanan memiliki pengaruh sebesar 52,9 persen terhadap kepuasan pelanggan, dengan sisanya 47,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperiksa oleh penulis. Adapun saran-saran yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah: 1) Perlu meningkatkan fungsi sistem pelayanan, khususnya yang berhubungan langsung dengan pelanggan, guna meningkatkan kepuasan pelanggan; dan 2) Bank harus mengevaluasi setiap sistem pelayanan dan kemudian mengembangkan sistem yang lebih efektif dalam hal pelayanan kepada nasabah.

Kata kunci: Sistem Layanan, Kepuasan Nasabah.

Author Biography

Rizki Mubarak Thalib, Politeknik Piksi Ganesha

Administrasi Keuangan

References

https://3db23.wordpress.com/2012/03/05/sejarah-perkembangan-perbankan-di-indonesia/ pada tanggal 4juli juni 2021

https://adalah.co.id/kepuasan-pelanggan/ pada tanggal 4juli juni 2021

https://rivankurniawan.com/2019/07/17/perkembangan-perbankan-syariah/ pada tanggal 20 juni 2021

https://seputarilmu.com/2019/11/pelayanan.html pada tanggal 4juli juni 2021

https://universalbpr.co.id/blog/bprs-bpr-pengertian-dan-perbedaannya/ pada tanggal 25 juni 2021

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mirza. Afriyeni (2019), Pengertian Bank, pengaruh, ciri-ciri bank. Jakarta

Sahabuddin,Romansyah. (2019). Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Industri Perbankan. Pustaka Taman Ilmu: Indonesia

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Downloads

Published

2022-02-01