Analisis Strategi Pemasaran Umkm Di Era Industri

Authors

  • Sulistiyani Sulistiyani Universitas Pamulang
  • Aditya Pratama Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.13434

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Era Industri

Abstract

Daya saing produk dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi penjualan. Revolusi industri 4.0 perkembangan teknologi terlihat dengan adanya computer yang memliki kemampuan luar biasa. Perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah produk dan memperluas wilayah penjualan. Tujuan dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui strategi UMKM di era industri 4.0. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data yang akan dianalisis dengan metode deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi tepat yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan pada UMKM “Cemal-Cemil Lampung†adalah: strategi SO: memperbanyak media promosi, menambah jumlah produk  Frozen Food, menggunakan berbagai jasa pengiriman barang, aktif melakukan promosi dengan prinsip “makanan enak, non MSG†untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli. Strategi WO: aktif dalam mempromosikan produk yang dimiliki dengan berbagai media supaya produk bisa lebih dikenal di kalangan masyarakat luas, mencari tambahan modal untuk dapat digunakan untuk peningkatan unit usaha dalam hal jumlah barang yang diproduksi, tempat penyimpanan produk serta alat-alat yang digunakan untuk produksi, penambahan jumlah karyawan dan setiap karyawan bertanggung jawab terhadap tupoksi sehingga unit usaha bisa berjalan dengan optimal. Strategi ST: membuat produk dengan jumlah banyak sehingga harga jual bisa diturunkan, tetap menjaga kualitas produk yang memiliki varian rasa yang beraneka ragam dan varian produk yang banyak. Strategi WT: mengoptimalkan proses produksi sehingga mampu meminimalisir produk yang rusak serta mampu mengurangi harga produk.

References

Agustini, N. K. Y. (2003). Segmentasi Pasar , Penentuan Target. Equilibrium, Ekonomi Manajemen Akuntansi, 1(2), 91–106.

Kotler, N. G., Kotler, P., & Kotler, W. I. (2008). Museum marketing and strategy: designing missions, building audiences, generating revenue and resources. John Wiley & Sons.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lubis, S. J. (2018). Pendidikan dan Pelatihan Untuk meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi PBL untuk menyiapkan calon pendidik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271–290.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Swaramarinda, D. R., & Nurmalasari, D. (2017). Development of creative economy learning model: Based ICT subject in entrepreneurship at vocational high school in West Java. Advanced Science Letters, 23(11), 10715–10720. https://doi.org/10.1166/asl.2017.10137

Wibowo, D. H. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Widiantuti, V., Gunawan, C. I., & Sayekti, R. R. (2020). Analisis SWOT Dalam Menerapkan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Home Industri Mie Triple 8 Di Kabupaten Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Widiyanti, rahayu ayu. (2019). Menyiapkan pendidik milenial di era industri 4.0 berbasis perguruan tinggi. 46–55.

Winarno, S. S. (2019). Guru Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Strategi Dalam Memajukan Pendidikan Indonesia.

Yahya, M. (2018). Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan Indonesia. Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor Tetap Dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 14.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-10-01