Analisis Strategi Pemasaran Umkm Di Era Industri
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.13434Keywords:
Strategi Pemasaran, UMKM, Era IndustriAbstract
Daya saing produk dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi penjualan. Revolusi industri 4.0 perkembangan teknologi terlihat dengan adanya computer yang memliki kemampuan luar biasa. Perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah produk dan memperluas wilayah penjualan. Tujuan dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui strategi UMKM di era industri 4.0. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data yang akan dianalisis dengan metode deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi tepat yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan pada UMKM “Cemal-Cemil Lampung†adalah: strategi SO: memperbanyak media promosi, menambah jumlah produk Frozen Food, menggunakan berbagai jasa pengiriman barang, aktif melakukan promosi dengan prinsip “makanan enak, non MSG†untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli. Strategi WO: aktif dalam mempromosikan produk yang dimiliki dengan berbagai media supaya produk bisa lebih dikenal di kalangan masyarakat luas, mencari tambahan modal untuk dapat digunakan untuk peningkatan unit usaha dalam hal jumlah barang yang diproduksi, tempat penyimpanan produk serta alat-alat yang digunakan untuk produksi, penambahan jumlah karyawan dan setiap karyawan bertanggung jawab terhadap tupoksi sehingga unit usaha bisa berjalan dengan optimal. Strategi ST: membuat produk dengan jumlah banyak sehingga harga jual bisa diturunkan, tetap menjaga kualitas produk yang memiliki varian rasa yang beraneka ragam dan varian produk yang banyak. Strategi WT: mengoptimalkan proses produksi sehingga mampu meminimalisir produk yang rusak serta mampu mengurangi harga produk.
References
Agustini, N. K. Y. (2003). Segmentasi Pasar , Penentuan Target. Equilibrium, Ekonomi Manajemen Akuntansi, 1(2), 91–106.
Kotler, N. G., Kotler, P., & Kotler, W. I. (2008). Museum marketing and strategy: designing missions, building audiences, generating revenue and resources. John Wiley & Sons.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lubis, S. J. (2018). Pendidikan dan Pelatihan Untuk meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi PBL untuk menyiapkan calon pendidik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271–290.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Swaramarinda, D. R., & Nurmalasari, D. (2017). Development of creative economy learning model: Based ICT subject in entrepreneurship at vocational high school in West Java. Advanced Science Letters, 23(11), 10715–10720. https://doi.org/10.1166/asl.2017.10137
Wibowo, D. H. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Widiantuti, V., Gunawan, C. I., & Sayekti, R. R. (2020). Analisis SWOT Dalam Menerapkan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Home Industri Mie Triple 8 Di Kabupaten Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Widiyanti, rahayu ayu. (2019). Menyiapkan pendidik milenial di era industri 4.0 berbasis perguruan tinggi. 46–55.
Winarno, S. S. (2019). Guru Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Strategi Dalam Memajukan Pendidikan Indonesia.
Yahya, M. (2018). Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan Indonesia. Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor Tetap Dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 14.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.