PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG PADA TAMAN WISATA SEHAT TELAGA SINDUR BOGOR

Authors

  • Sunanto Sunanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i4.1551

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan pengunjung pada Taman Wisata Sehat Telaga Sindur Bogor baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif kuantitatif dengan pengujian hipotesisi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Wisata Sehat  Telaga Sindur dengan jumlah sampel 100 responden (dibulatkan).

Metode pengumpulan data dengan penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, model regresi linier, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pengunjung pada taman wisata telaga sindur. Bukti model persamaan Y= 8,694 + 0,628X1 dan uji t hitung (7,990) lebih besar dari t-tabel (1,985) dan p.sig.0,00 <0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap keputusan pengunjung pada Taman wisata telaga sindur. Bukti model persamaan Y= 14,068 +0,498X2 dan uji t hitung (5,684) lebih besar dari t-tabel (1,985) dan p.sig.0,00 <0,05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel promosi dan kualitas layanan secara simultan terhadap keputusan pengunjung pada Taman Wisata Sehat Telaga Sindur, Bogor. Bukti model regresi linier berganda Y= 1,981 + 0,507X1 + 0,225X2 dan uji F hitung (36,627) lebih besar dari F-tabel (1,43) dan p.sig.0,00 <0,05. Variabel promosi dan kualias layanan secara simultan mempunyai kontribusi sebesar 41,9% terhadap keputusan pengunjung pada Taman Wisata Sehat telaga Sindur, dan selebihnya 58,1% dipengaruhi oleh faktor faktor lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Promosi, Kualitas layanan, Keputusan pengunjung

Downloads

Published

2020-01-27