Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik Boy Group EXO di Indonesia

Authors

  • Rhodiatul Haida Universitas Lampung
  • Aida Sari Universitas Lampung
  • Rinaldi Bursan Universitas Lampung
  • Nuzul Inas Nabila Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.16526

Keywords:

Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian

Abstract

Kpop (Korean Pop) saat ini sangat digemari berbagai kalangan penikmat musik di seluruh dunia. Popularitas musik Kpop menyebabkan maraknya pembelian album fisik (CD) dikalangan para fans Kpop. EXO merupakan salah satu boy group dengan penjualan album fisik yang sangat mengagumkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendorong keputusan pembelian album fisik boy group EXO di era digital, faktor yang diteliti yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden yang memiliki album fisik EXO dan berdomisili di Indonesia. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan dalam penelitian. Dibuktikan dengan nilai F 150.442 dengan angka signifikan sebesar 0.000. Hasil analisis diperoleh bahwa faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh sebesar 75% terhadap keputusan pembelian album fisik EXO dengan nilai pengaruh terbesar yaitu faktor psikologis. Hasil penemuan ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan strategi yang lebih efektif dalam upaya menaikkan penjualan album fisik di era digital.

References

Gerry W.D, Sari M.A. (2019). “Pemasaran Musik pada Era Digitalisasi Industri Musik dalam Industri 4.0 di Indonesiaâ€. WACANA, Vol. 18 No. 1, hal. 1 – 10

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson. (2010). Multivariate Data Analysis. (7th ed.). Pretince Hall.

Jinwoo, Kim. (2020, 13 Januari). 2019 Gaon Annual Chart Review. Diakses pada 15 Juli 2020, dari http://gaonchart.co.kr/

Johan W, J. (2017). “The South Korean Music Industryâ€. Stockholm University, Sweden.

KOREA.net. Hallyu (Korean Wave). Ministry of Culture, Sports, and Tourism and Korean Culture and Information Service.Diakses pada 1 Juli 2020, dari http://www.korea.net/AboutKorea/Culture-and-the-Arts/Hallyu

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2017). Principles of Marketing. (17th Ed.). Pearson Education

Kumar, R. (2011). Research Methodology. (3rd Ed.) Sage Pub.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2011). Marketing (11th ed.). South-Western, Cengage Learning.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Liang, Yilu. Shen, Wanqi. (2016). “Fan economy in the Chinese media and entertainment industry : How feedback from super fans can propel creative industrie’s revenueâ€. Global Media and China.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Odai Falah, M.A. (2019). “Faktors Affecting the Consumers Decision Behavior of Buying Green Productsâ€. Esic Market Economics and Business Journal. Vol.5. Issue 2.

Santoso, Singgih. 2002. Statistik Parametrik. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (7th ed.). Chichester: John Wiley & Sons.

Sesek, L. & Pusnik, M. (2014). Reading Popular literature and digital media : Reading experience, fandoms, and social networks. Anthropological Notebooks. 103-126

SM Entertainment Group. (2020, 01 Juli). EXO BAEKHYUN’s solo album has become a ‘million seller’ following his group album!. Diakses pada 30 Juni 2020, dari https://smentertainment.com/PressCenter/Details/4649

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Vicky. E.U. (2017) “Analisis Pengaruh Faktor Personal dan Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pengguna Jasa TV Satelit Indovision di Bandar Lampungâ€. Universitas Lampung, Lampung.

Vina Chandra, K. (2017). “Gaya Hidup Penggemar EXO di Surabaya Terhadap Produk Merchandise Boyband EXOâ€. Departemen Antropologi, FISIP, UNAIR.

Wang, Cheng Lu, Sarkar, Abhigyan and Sarkar, Juhi Gahlot (2018). Building the holy brand: Towards a theoretical model of brand religiosity. International Journal of Consumer Studies.

Wang, Cheng Lu, Sarkar, Juhi Gahlot and Sarkar, Abhigyan (2019). Hallowed be the brand: Measuring perceived brand sacredness. European Journal of Marketing.

Xinming , Jia. Kineta, Hung. Ke Zhang. (2020). “Celebrity Fans in China : Motives, Characteristics, and Marketing Impactsâ€. Handbook of research on the impact of fandom in society and consumerism.

Yujin Kim, Jieun Lee, Miyoung Lee. (2018). “Purchasing Behavior of K-Pop Idol Goods Consumers in Koreaâ€. Journal of Fashion Business. Vol.22, No.6

Zhuang, Lvyin (2018). “The Influences of Idol Effect on the Purchasing Decisions of Their Fansâ€. Advances in Economics, Business and Management Research, Vol. 68.

Downloads

Published

2022-02-01