Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.17238Keywords:
Layanan Berkualitas, Citra Merek, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Teknologi menjadi faktor utama saat ini, karena semua aktifitas yang dilakukan sehari-hari akan sangat erat kaitannya dengan teknologi. Di Indonesia, teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang, terutama di sektor bisnis seperti bisnis transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, brand image , dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa grab di kota Batam. Metode penilitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner terhadap 204 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R square sebesar 0,793 atau 79,3% dari hasil tersebut diketahui kualitas pelayanan, brand image dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 79,3% dan selebihnya sebesar 0,207 atau 20,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil pada uji t kualitas pelayanan mempunyai nilai signifikan 0.232 > 0,05 dan t hitung 1,199 < t tabel 1,971 artinya bahwa variabel kulitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung 4,111 < t tabel 1971 artinya yaitu variabel brand image berpengaruh signifikn terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung 9,735 > t tabel 1,971 artinya yaitu bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F hasil yang diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 255,044 > nilai F tabel 3,04 artinya bahwa variabel kualitas pelaayanan, brand image dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Agmeka, F., Wathoni, R. and Santoso, A., 2019. The Influence of Discount Framing towards Brand Reputation and Brand Image on Purchase Intention and Actual Behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, pp.851-858.Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi), 5(1), 61–75.
Ernawati, D., 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), p.17.
Evaldo, S. J. (2019). Evaluasi efektifitas program komunikasi pemasaran terpadu dalam bidang usaha jasa klinik kecantikan: Studi kasus: Impressions Body Care Centre. Universitas Indonesia. Fakultas Ekonomi..
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran.
Kurniawan, M. and Hildayanti, S., 2019. Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), p.86..
Marlius, D., 2017. KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR PSIKOLOGIS DAN BAURAN PEMASARAN PADA PT. INTERCOM MOBILINDO PADANG. JURNAL PUNDI, 1(1).
Rizqillah, M., & Kurniawan, P. H. (2020). Jurnal Ilmiah M-Progress, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. Tiki. 9(1).
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Rusydi. (2017). komunikasi pemasaran terpadu.
Siagian, M. (2020). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). Jurnal Semarak, 1(1).
Siti Fatimah. (2019). Pengantar transportasi wilayah dan kotaI
Sitio, vera sylvia saragi. (2019). Citra Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mediasi Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Survey Nasabah Bmt Dana Mentari Dan Pt Bpr Bas Di Purwokerto). El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), Pp.65-86.
Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133–146. https://doi.org/10.31311/par.v5i2.4073
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.