Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam

Authors

  • Friscilla Sipayung Universitas Putera Batam
  • Triana Ananda Rustam Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.17238

Keywords:

Layanan Berkualitas, Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Teknologi menjadi faktor utama saat ini, karena semua aktifitas yang dilakukan sehari-hari akan sangat erat kaitannya dengan teknologi. Di Indonesia, teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang, terutama di sektor bisnis seperti bisnis transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, brand image , dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa grab di kota Batam. Metode penilitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner terhadap 204 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R square sebesar 0,793 atau 79,3% dari hasil tersebut diketahui kualitas pelayanan, brand image dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 79,3% dan selebihnya sebesar 0,207 atau 20,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil pada uji t kualitas pelayanan mempunyai nilai signifikan 0.232 > 0,05 dan t hitung 1,199 < t tabel 1,971 artinya bahwa variabel kulitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05  dan t hitung 4,111 < t tabel  1971 artinya yaitu variabel brand image berpengaruh signifikn terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung 9,735 > t tabel 1,971 artinya yaitu bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F hasil yang diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 255,044 >  nilai F tabel 3,04 artinya bahwa variabel kualitas pelaayanan, brand image dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

References

Agmeka, F., Wathoni, R. and Santoso, A., 2019. The Influence of Discount Framing towards Brand Reputation and Brand Image on Purchase Intention and Actual Behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, pp.851-858.Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi), 5(1), 61–75.

Ernawati, D., 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), p.17.

Evaldo, S. J. (2019). Evaluasi efektifitas program komunikasi pemasaran terpadu dalam bidang usaha jasa klinik kecantikan: Studi kasus: Impressions Body Care Centre. Universitas Indonesia. Fakultas Ekonomi..

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran.

Kurniawan, M. and Hildayanti, S., 2019. Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), p.86..

Marlius, D., 2017. KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR PSIKOLOGIS DAN BAURAN PEMASARAN PADA PT. INTERCOM MOBILINDO PADANG. JURNAL PUNDI, 1(1).

Rizqillah, M., & Kurniawan, P. H. (2020). Jurnal Ilmiah M-Progress, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. Tiki. 9(1).

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Rusydi. (2017). komunikasi pemasaran terpadu.

Siagian, M. (2020). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). Jurnal Semarak, 1(1).

Siti Fatimah. (2019). Pengantar transportasi wilayah dan kotaI

Sitio, vera sylvia saragi. (2019). Citra Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mediasi Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Survey Nasabah Bmt Dana Mentari Dan Pt Bpr Bas Di Purwokerto). El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), Pp.65-86.

Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133–146. https://doi.org/10.31311/par.v5i2.4073

Downloads

Published

2022-02-01