Pengaruh Mental Kewirausahaan, Kreativitas dan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa

Authors

  • Mayrizza Ega Delvanty Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.17358

Keywords:

Kreativitas, Minat Berwirausaha, Mental Kewirausahaan, Sosial Ekonomi Orang Tua

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh mental kewirausahaan, kreativitas dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitiatif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 282 mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sehingga diperoleh sebanyak 52 subjek penelitian yang mengembalikan kuesioner penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu mental kewirausahaan, kreativitas dan sosial ekonomi orang tua menjelaskan variabel dependen minat berwirausaha sebesar 61,2%. Selanjutnya hasil analisis menunjukkan variabel mental kewirausahaan dan kreativitas berpengaruh terhadap minat berwisausaha pada mahasiswa (T-Statistics > 1,96). Sedangkan variabel sosial ekonomi orang tua menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa (T-Statistics < 1,96).

References

Agustina C, Sularto L. 2011. Intensi Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Perbandingan Antara Fakultas Ekonomi Dan Fakultas Ilmu Komputer).

Ahmadi A. 2019. Psikologi sosial. Bumi Aksara.

Aldrich HE, Cliff JE. 2003. The pervasive effects of family on entrepreneurship: Toward a family embeddedness perspective. J. Bus. Ventur. 18(5):573–596.

Antoncic B, Hisrich RD. 2001. Intrapreneurship: Construct refinement and cross-cultural validation. J. Bus. Ventur. 16(5):495–527.

BPS. 2021a. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986 - 2021. Badan Pus. Stat. Indones.

BPS. 2021b. Usaha Mikro Kecil. Badan Pus. Stat. Indones.

Budiati Y, Yani TE, Universari N. 2012. Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). J. Din. sosbud. 14(1):89–100.

Bygrave WD. 2007. The entrepreneurship paradigm (I) revisited. Handb. Qual. Res. methods Entrep. 1748.

Denanyoh R, Adjei K, Nyemekye GE. 2015. Factors that impact on entrepreneurial intention of tertiary students in Ghana. Int. J. Bus. Soc. Res. 5(3):19–29.

Djaali DH. 2007. Psikologi pendidikan.

Krueger Jr NF, Reilly MD, Carsrud AL. 2000. Competing models of entrepreneurial intentions. J. Bus. Ventur. 15(5–6):411–432.

Lee SM, Peterson SJ. 2000. Culture, entrepreneurial orientation, and global competitiveness. J. world Bus. 35(4):401–416.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Pihie ZAL, Bagheri A, Sani ZHA. 2009. Examining the Entrepreneurial Attitudes of Malaysian Secondary School Students. Int. J. Learn. 16(10).

Puspitaningsih F. 2016. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Stkip Pgri Trenggalek. Dewantara. 2(1):71–84.

Samsudin N, Ab Jalil N, Ab Wahid H, Yahaya R, Jizat JEM. 2016. Students’ readiness, motivation and attitude towards entrepreneurship. Int. Bus. Educ. J. 9(1):50–57.

Scholastika A. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan Kecamatan Tembalang di Kota Semarang.

Setiyaningsih D. 2017. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pemanfaatan Business Center Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Jurusan Tata Niaga SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Semarang.

Stiadi M. 2021. The Influence of Entrepreneurship Courses on Students’ Entrepreneurial Interests. J. Mantik. 5(1):197–200.

Suhartini Y. 2011. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwiraswasta. J. Akmenika UPY. 7(1):24.

Suryana Y, Bayu K. 2012. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses Ed. 2. Kencana.

Tung LC. 2011. The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intention of engineering students. City Univ. Hongkong Run Run Shaw Libr. 11(1):67–86.

Umam K, Syah N. 2019. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Teknik Sipil. CIVED (Journal Civ. Eng. Vocat. Educ. 6(1).

Utami CW. 2017. Attitude, subjective norms, perceived behavior, entrepreneurship education and self-efficacy towards entrepreneurial intention university student in Indonesia. Eur. Res. Stud. J. 20(24):475–495.

Walidaini AB, Wirnarno A. 2017. Vocational High School Students Entrepreneurship: The Success of Family or School Education. JPBM (Jurnal Pendidik. Bisnis dan Manajemen). 3(1):1–11.

Downloads

Published

2022-02-01