Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus pada Masyarakat di Karawang)

Authors

  • Annisa Fitri Rohana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Chintya Dessy Syafitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Sudrajat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.17642

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bermaksud mendapati adanya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada smartphone Xiaomi di Karawang. Penelitian menetapkan satu variabel bebas harga (X) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Metode penelitian ini menetapkan metode kuantitatif jenis pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik sampling insidental, data diperoleh dengan membagikan kuesioner terhadap 100 orang responden. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dengan metode Product Moment Pearson dan uji reabilitas dengan ketentuan Alpha Cronbach > 0,60. Analisis data dibantu oleh aplikasi IBM SPSS Statistik 22 dengan menggunakan metode uji statistik deskriptif dan uji hipotesis. Pada akhir penelitian didapat adanya pengaruh positif dan signifikan pada variabel harga terhadap keputusan pembelian dengan korelasi 0,777, artinya bahwa pada variabel harga dan keputusan pembelian terlihat adanya hubungan yang kuat.

Kata Kunci: Harga; Keputusan Pembelian.

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.

Hair, Joseph F., William C. Black, Barry J. Babin, and Rolph E. Anderson. 2014. Multivariate Data Analysis.

Iprice. 2021. Daftar Harga Smartphone Terbaik 2021. Diakses pada 17 Oktober 2021, pukul 20.00 WIB, dari https://iprice.co.id/ponsel-tablet/smartphone/.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. Vol. 22.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Oktarini, Riri. 2020. “Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Tangerang.†3(1):52–58.

Pusparisa, Yosepha. 2020. Pasar Ponsel Pintar Indonesia Berdasarkan Penjualan. Diakses pada 17 Oktober 2021, pukul 21.35 WIB, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/16/vivo-kuasai-penjualan-ponsel-pintar-di-indonesia.

Pusparisa, Yosepha. 2020. Penetrasi Ponsel Pintar di Indonesia. Diakses pada 12 Oktober 2021, pukul 19.20 WIB, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025.

Retnowulan, Julia. 2017. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP.†XVII(2).

Setiawan, Agus, Abbas Mansyur, and Supriyono. 2021. “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (STUDI KASUS PENELITIAN PADA MAHASISWA AKTIF INSTITUT STIAMI PUSAT).†1(2):74–84.

Sugiyono. 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA, CV.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Tanama Putri, Budi Rahayu. 2017. Manajemen Pemasaran Modern.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfaction.

Downloads

Published

2022-06-01