Pengaruh Promosi Media Sosial, Harga Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Skincare Ms Glow

Authors

  • Nuraini Nuraini Universitas Pelita Bangsa
  • Tri Ayu Oktavani Universitas Pelita Bangsa
  • Novi Fitria Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.17797

Keywords:

E-wom, Harga, Minat beli, Promosi media sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh media online, biaya, dan eWOM terhadap minat pembelian perawatan kulit Ms Glow.. Teknik pengujian ini menggunakan kuantitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah informasi yang esensial. Informasi penting yang digunakan adalah dengan memberikan jajak pendapat terhadap pare responden yang berupa pertanyaan yang keputusan jawabannya telah diberikan dengan sistem skala Likert. Skala likert dengan cakupan skala lima pilihan. Pengambilan Populasi adalah dari  Universitas Pelita Bangsa dengan lingkup mahasiswa. Strategi pengujian dalam penelitian ini menggunakan teknik pengujian purposive dengan sampel lengkap 100 responden. Hasil fraksional menunjukkan bahwa promosi media online tidak secara mendasar memengaruhi minat beli pada perawatan kulit Ms Glow, sementara biaya dan e-wom secara signifikan memengaruhi minat beli pada perawatan kulit Ms Glow. Hasilnya tetap menunjukkan pengaruh penting antara Promosi media berbasis web, biaya, dan eWOM terhadap minat membeli perawatan kulit Ms Glow.

References

A.G.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa Intidayu Press. Jakarta

Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara Nst (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol.6, No.1, Mei 2017, ISSN 2252-844X.

Ardiansyah, Muhammad dan Siti Rokhmi (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian AMDK Cleo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 6, Juni 2017, e- ISSN: 2461-0593.

Aron M. Levin, Irwin P. Levin, dan Joshua A. Weller, A Multi-Attribute Analysis Of Preferences For Online and Offline Shopping: Differences Across Product, Consumers, and Shopping Stages. Journal of Electronic Commerce Research, VOL 6, NO.4, 2005: 281-290.

Ayuningtiyas, Kartika dan Hendra Gunawan, S.E., M.Sc (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration Vol 2, No 1 Maret 2018 hlm. 152-165. e-ISSN:2548-9909.

Batti, Anam (2018). Sales Promotion and Price Discount Effects on Consumer Purchase Intention with The Moderating Role of Social Media in Pakistan. International Journal Business Managements, Vol.3, No.4, 2018.

Budi, Lailatan (2016). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta. 2016.

Chinomona, R. (2013). The Impact of Product Quality on Perceived Value, Trust and Students’ Intention to Purchase Electronic Gadgets. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy Vol 14 No 14 , 463-472.

Cooper,Donald R, Pamela S. Schindler. (2008). Business Research Methods. Eighth Edition New York : McGraw-Hill/Irwin.

Ekawati, M., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Account Twitter @WRPdiet). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 1-8.

Firdausy, Carunia Mulya (2017) Effect of Service Quality, Price and Promotion on Customers Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. Internasional Journal of Management Science and Business Administration, Vol. 3 Issue 2, Periode January, 2017.

Ghozali,Imam,Prof. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Cetakan ke IV. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management edition 14. New Jersey: Global Edition. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edisi 15e. Global Edition: Pearson Prentice.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Sugiyono . (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supriyanto,Aji.2005. Pengantar Teknologi Informasi .Jakarta: Salemba Infotek

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke dua belas. Bandung: Alfabeta

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Susanto, A.B . 2001. Potret- Potret Gaya Hidup Metropolis. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Tjiptonofany & Anastasia Diana,2007,Total Quality Manajemen ,Yogyakarta: Andi Offset. Sugiama, Gima. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Guardaya Intimarta.

Downloads

Published

2022-06-01