Kinerja Pemasaran Properti yang Memasakan Melalui E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Asral Asral Universitas Pelita Bangsa
  • Supartono Supartono Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.17807

Keywords:

e-commerce, internet, kinerja pemasaran, pandemi covid19

Abstract

Pandemi covid19 telah merubah berbagai segi kehidupan manusia dan tatanan ekonomi, termasuk perilaku konsumen dan teknik memasarkan barang dan jasa. Properti juga merasakan dampak yang signifikan dengan menurunnya jumlah penjualan properti. Untuk itu dituntut kemahiran pemasar supaya properti yang ditawarkan berhasil menarik minat pembeli. Penelitian ini penelitian riset pustaka. Hasilnya adalah bahwa kinerja pemasaran yang menggunakan e-commerce sebagai media memasarkan properti segala bentuk transaksi jual-beli yang dilakukan melalui internet. E-commerce memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan jika dibandingkan dengan toko konvensional. Salah satunya adalah tidak dibatasi oleh ketersediaan tempat dan waktu untuk lakukan aktivitas secara online. Disatu sisi, kinerja pemasaran dituntut untuk tetap dapat menghasilkan laba bagi perusahaan.

References

Alfonsius, Garry. (2020). E-Commerce During Coronavirus. Universal Journal, ISSN 2721-7132. Pp 1-10.

Alrubaiee, L. S., Aladwan, S., Abu Joma, M. H., Idris, W. M., & Khater, S. (2017). Relationship between Corporate Social Responsibility and Marketing Performance: The Mediating Effect of Customer Value and Corporate Image. International Business Research, 10(2), 104.

Best, Roger J. (2010). Getting Started Using Marketing Metrics.

Bhatti, Anam, Akram, H., Basit, H.M., Khan, A.U., Naqvi, S.M.R., Bilal, M. (2020). E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13( 2), 1449-1452.

Dibrell, C. dan Davit P.S. 2008. Fueling Innovation Trough Information Technology In SMEs. Journal of Small Business Management. Vol. 45(2). Pp. 203-218.

Farris, Paul W. (2008). Metrik Pemasaran: 50+ Metrik Yang Harus Dipahami Eksekutif. Jakarta: Akademia.

Ferdinand, A.T. (2004). Strategic Selling-In Management: Sebuah Pendekatan Pemodelan Strategi, Research Paper Series, Universitas Diponegoro, Semarang.

Gronum, Sarel, Martie-Louise Verreyne, and Tim Kastelle. (2012). The Role of Networks in Small and Medium-Sized Enterprise and Firm Performance. Journal of Small Business Management, 50(2), pp. 257-282. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1540-627X.2012.00353.x

Hadiwardoyo, Wibowo. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Journal of Business & Entrepreneurship, 2(2), 83-92.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

https://accurate.id/bisnis-ukm/e-commerce-adalah/

Kohli, Ajay K, Tasodduq A Shervani, and Coutm N. Challagalla, 1998, "Learning and Performance Orientation of Salespeople: The Role of Supervisors", Journal of Marketing Research, Vol. XXXV (May) p. 263-274.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laudon, Kenneth C. & Laudon, Jane P. (2014). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Pelham, Alfred M, (1997),"Mediating lnfluences on the Relationsip between market Orientation and Probability in Small lndustry Firms" Journal of Marketing Theory and Praclices, Summer.

Solcansky, Marek., Sychrova, Lucie and Milichovsky, Frantisek. (2011). Marketing Effectiveness by Way of Metrics. Brno University of Technology. Czech Republic.

Taufik & Ayuningtyas, E.A. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap bisnis dan eksistensi platform online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32.

Uncles, Mark. 2005. Marketing Metrics: A Can of Worms or the path to englighment. Journal of Brand Management, Vol 12 No 6.

Yudith, N. F. 2005. Analisis Distribusi Selling-In untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Dalam Hubungan Antara PT. Expand Berlian Mulia dengan Outlet-Outletnya di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta). Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Program Pasca Sarjana. Universitas Diponegoro.Semarang.

Yuhui, G. 2010. Measuring Marketing Performance: A Review and A Framework. The Marketing Review. Vol.10. Pp. 25-40. 10.1362/146934710X488924.

Downloads

Published

2022-06-01