Analisis PEKA Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa di FEB Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.18776Keywords:
PEKA analisis, Manajemen Strategi, Kepuasan KonsumenAbstract
Kepuasan konsumen sangat penting untuk diperhatikan karena rasa puas tersebut akan meniciptakan loyalitas dan loyalitas sudah pasti akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi yang tepat dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa, di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan menggunakan PEKA análisis guna mmenjelaskan teori – teori yang berhubungan dengan faktor – faktor yang menentukan kepuasan mahasiswa dalam menempuh pendidikan di Universitas Pamulang. Populasi adalah mahasiswa Univeristas Pamulang dari fakultas ekonomi dan bisnis. Dari hasil análisis diketahui beberapa strategi yang dapat dijalankan guna meningkatkan kepuasan mahasiswa melalui análisis PEKA yaitu pelaksanaan pelatihan, pemberian motivasi secara berkala kepada setiap unsur yang terlibat pada proses perkuliahan di fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Pamulang.References
Ardiawati, Y. (2019). Jurnal Progresif Manajemen V4 N 6, 268 - 277.
Boky, Y. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Peayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makssar. Jurnal Jaffray, Vol. 14, No. 2, Oktober , 269 -290.
Chaniago, A. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.
Fikri, S., & Wiyani, W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1,, 120 - 134.
Humarah, F. A. (2013). Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Online Market di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 5 dan 6, 219 - 259.
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2022). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings) Vol.02, No.1, Desember 2021 (pp. 408 - 413). Tangerang Selatan: Humanis-Unpam.
Purnomo, E., & Saragih , H. (2016). Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Yayasan Nusantara Bangun Jaya.
Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.
Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.
Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
unpam.ac.id. (n.d.). Retrieved from https://unpam.ac.id/sejarah/history/
Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode CSI. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1, 11m- 17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.