Analisis PEKA Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa di FEB Universitas Pamulang

Authors

  • Rosa Lesmana Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.18776

Keywords:

PEKA analisis, Manajemen Strategi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kepuasan konsumen sangat penting untuk diperhatikan karena rasa puas tersebut akan meniciptakan loyalitas dan loyalitas sudah pasti akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi yang tepat dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa, di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan menggunakan PEKA análisis guna mmenjelaskan teori – teori yang berhubungan dengan faktor – faktor yang menentukan kepuasan mahasiswa dalam menempuh pendidikan di Universitas Pamulang. Populasi adalah mahasiswa Univeristas Pamulang dari fakultas ekonomi dan bisnis. Dari hasil análisis diketahui beberapa strategi yang dapat dijalankan guna meningkatkan kepuasan mahasiswa melalui análisis PEKA yaitu pelaksanaan pelatihan, pemberian motivasi secara berkala kepada setiap unsur yang terlibat pada proses perkuliahan di fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Pamulang.

References

Ardiawati, Y. (2019). Jurnal Progresif Manajemen V4 N 6, 268 - 277.

Boky, Y. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Peayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makssar. Jurnal Jaffray, Vol. 14, No. 2, Oktober , 269 -290.

Chaniago, A. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Fikri, S., & Wiyani, W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1,, 120 - 134.

Humarah, F. A. (2013). Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Online Market di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 5 dan 6, 219 - 259.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2022). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings) Vol.02, No.1, Desember 2021 (pp. 408 - 413). Tangerang Selatan: Humanis-Unpam.

Purnomo, E., & Saragih , H. (2016). Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Yayasan Nusantara Bangun Jaya.

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

unpam.ac.id. (n.d.). Retrieved from https://unpam.ac.id/sejarah/history/

Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode CSI. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1, 11m- 17.

Downloads

Published

2022-02-01