Kualitas Layanan Elektronik: Suatu Tinjauan Literatur

Authors

  • Ahmad Nurhadi Universitas Pamulang
  • Arief Budiyanto Universitas Pamulang
  • Heri Murtiyoko Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.19930

Keywords:

Kualitas Layanan Elektronik, Kualitas Layanan Daring, Tinjauan literatur sistematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menggambarkan lingkup penelitian dengan tema kualitas layanan elektronik (e-servqual), (2) memberikan informasi terkait dengan focus dan objek penelitian dengan menggunakan variabel kualitas layanan elektronik (e-service quality) dan (3) tema penelitian kualitas layanan elektronik masih banyak digunakan pada penelitian yang bersifat terapan dan bersinggungan dengan aktivitas individu ataupun kelompok bisnis dan belum banyak digunakan pada pengembangan penelitian dasar. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan literatur sistematis. 37 jurnal terpilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan pendekatan PICO dalam melakukan inklusi data jurnal penelitian. Berdasarkan hasil olah data didapatkan hasil bahwa, tema penelitian kualitas layanan elektronik masih sangat berkaitan erat dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan secara elektronik. Fokus dan lokus penelitian dalam penelitian kualitas layanan elektronik banyak menggunakan lokapasar (e-commerce) sebagai objek penelitian. Serta mayoritas pendekatan penelitian yang menggunakan analisis Regresi dan SEM sebagai alat analisisnya.

Author Biography

Ahmad Nurhadi, Universitas Pamulang

Mohon diterbitkan Artikel kami

References

Ariani, F., Bachri, S., & Suardi. (2019). Pengaruh E - Service Quality Terhadap Customer Satisfaction , Trust , Dan Dampaknya Pada Repeat Usage Pada Bni Mobile Banking Di Kantor Cabang Palu. Jurnal Katalogis, 6(3), 162–167.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. Retrieved from https://apjii.or.id/survei

Blut, M. (2016). E-Service Quality: Development of a Hierarchical Model. Journal of Retailing, 92(4), 500–517. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2016.09.002

Chandra, H. Sen, & Hendratono, T. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik, Nilai Terpersepsi Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Erafone.Com Indonesia. Journal Of Business & Applied Management, 11(2), 136–154. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/

Christian, M. (2020). Faktor Tampilan dan Penyesuaian Aplikasi pada Kualitas Layanan dalam Menganalisis Loyalitas Pengguna Transportasi Daring. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 13(2), 66–73. https://doi.org/10.30813/jiems.v13i2.2279

Elfianto, Syahni, R., Asmawi, & Ifdal. (2020). Perilaku Petani Bawang Merah Dalam Penggunaan Pestisida : Sebuah Literature Review. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(2), 709–715.

Hasanov, J., & Khalid, H. (2015). The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach. Procedia Computer Science, 72, 382–389. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.153

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Jannah, M., Nugroho, S. S., & Gitosudarmo, I. (2019). Peran Keterlibatan Produk Dalam Memoderasi Hubungan Antara Kualitas Layanan Daring Terhadap Kepuasan Daring. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 288–303.

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763

Maulana, I., & Suryaningwulan, R. P. (2020). Peran Daya Tarik Konten, Kemudahan Penggunaan Dan Kualitas Interaksi Layanan Dalam Meningkatkan Pembelian Daring Di E-Commerce Blibli.Com Di Purwakarta. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i1.117

Nasir, M. (2016). Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Pada Situs Online Di Website Zalora.Co.Id Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 15–18.

Nosita, F. (2020). E-Servqual, Promosi Dan Loyalitas Pelanggan Marketplace. Journal of Applied Business Administration, Vol. 4, pp. 38–44. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i1.1937

Orientani, R., & Jumhur, H. M. (2017). Kualitas Layanan Tiket Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 42. https://doi.org/10.23969/jrbm.v10i2.469

Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2016). Pengaruh e-Service Quality dan e-Security Seals Terhadap e-Satisfaction Melalui Keputusan Pembelian Konsumen e-Commerce (Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 6, pp. 164–173. https://doi.org/10.14710/jab.v5i2.16238

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, Vol. 5. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Rostami, A., Amir Khani, A. H., & Soltani, G. (2016). The Impact of E-service Quality on the Improvement of the Level of Communication with Customers of Bank Melli Branches in South Tehran Affairs Office. Procedia Economics and Finance, 36, 448–455. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30063-6

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Samudro, D. A., & Widyastuti, W. (2020). Peran Kualitas Layanan Elektronik, Presepsi Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Niat Pembelian Online Streaming Musik Spotify. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8, p. 968. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p968-980

Sholeh, A. N., & Budiyanto, A. (2020). Preferensi ( Komunikasi Pemasaran dan E-Service Quality ) Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang Terhadap Pemilihan Situs Belanja Online. Madani, 3(2), 304–318.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Tirto Sakti, A. R., & Napitupulu, H. S. (2018). Peran E- Quality Service Terhadap Citra Merek (Studi Pada Rumah Sakit Di Kota Bandung). Image : Jurnal Riset Manajemen, 7(2), 45–50. https://doi.org/10.17509/image.v7i2.23119

Utami, W. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik pada Loyalitas Elektronik ( Kepuasan Eelektronik sebagai Variabel Mediasi dan Kepercayaan yang Dirasakan sebagai Variabel Moderasi). Menara Ekonomi, III(6), 20–32.

Wibowo, H. A. (2019). The mediating role of e-satisfaction on the effect of e-service quality dimensions on e-loyalty: A lesson from Bukalapak.com Indonesia. Humanities and Social Sciences Letters, 7(4), 199–203. https://doi.org/10.18488/journal.73.2019.74.199.208

Zehir, C., & Narcıkara, E. (2016). E-Service Quality and E-Recovery Service Quality: Effects on Value Perceptions and Loyalty Intentions. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 427–443. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.153

Zemblytė, J. (2015). The Instrument for Evaluating E-Service Quality. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 213, 801–806. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.478

Downloads

Published

2022-06-01