Pemanfaatan Visible Light Sebagai Animasi Holografi Pada Billboard Iklan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.20519Keywords:
Iklan, Pemasaran, Daya Beli Konsumen, Animasi, Holografi.Abstract
Pada era globalisasi saat ini, teknologi berkembang pesat digunakan dalam kegiatan apapun untuk memberikan daya tarik tersendiri. Pemanfaatan teknologi di era globalisasi digunakan disemua bidang misalnya pendidikan, perdagangan, komunikasi, dan transportasi. Penggunaan teknologi holografi dari visible light merupakan pengembangan teknologi di era globalisasi digunakan didunia perdagangan sebagai pemasaran produk atau iklan. Mengomunikasikan suatu merk dengan daya tarik tersendiri akan mempersuasive konsumen untuk membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pemanfaatan Visible Light Sebagai Animasi Holografi Pada Billboard Iklan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian metode Literature Review. Hasil diperoleh dengan adanya penggunaan teknologi holografi menggunakan visible light pada billboard iklan dapat meningkatkan daya beli konsumen untuk membeli produk. Hal ini karena kepuasan konsumen pada tampilan billboard holografi jelas, terlihat seperti nyata karena dapat dilihat disemua sisi, menarik. Sehingga akan menjadikan konsumen puas ketika produk yang diterima sama dengan tampilan produk di iklan.
References
Adiono, T., Pradana, A., & Fuada, S. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK DENGAN MODULASI 2-PWM BERBASIS MIKROKONTROLLER. Sisfo, 08(01). https://doi.org/10.24089/J.SISFO.2018.09.001
Aska, F. B., Darlis, D., dan H. (2015). Implementasi Visible Light Communication Untuk Pengiriman Data Digital | Aska | eProceedings of Applied Science. Prosiding Aplikasi Sains. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/4494
Avătămăniței, S. A., Căilean, A. M., Done, A., Dimian, M., & Prelipceanu, M. (2020). Noise Resilient Outdoor Traffic Light Visible Light Communications System Based on Logarithmic Transimpedance Circuit: Experimental Demonstration of a 50 m Reliable Link in Direct Sun Exposure. Sensors 2020, Vol. 20, Page 909, 20(3), 909. https://doi.org/10.3390/S20030909
Efendi, N. M. (2018). DIGITAL PADA START UP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA BELAJAR AKTIF). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi Dan Antropologi, 2(2), 173–182.
Fakirah, M., Leng, S., Chen, X., & Zhou, J. (2020). Visible light communication-based traffic control of autonomous vehicles at multi-lane roundabouts. EURASIP Journal on Wireless Communications and Networking, 2020, 125. https://doi.org/10.1186/s13638-020-01737-x
Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22-38. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/7992
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/IQTISHADUNA.V9I1.209
Herosian, M. Y. dan S. A. (2019). View of PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN KEMUDAHAN AKSES LAYANAN APLIKASI BELANJA ONLINE DALAM PENINGKATAN DAYA BELI MASYARAKAT KOTA MEDAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI MARKETING 4.0. Jurnal Akrab Juara, , 4(5), 45–62. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/868/769
Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Lilipaly, E. R. M. A. P., & Dharmawan, E. A. (2021). PENGGUNAAN FAN TYPE HOLOGRAM DENGAN SOLAR CELL SEBAGAI PILIHAN ALTERNATIF BILLBOARD DI KOTA AMBON. JURNAL SIMETRIK, 11(1), 422–431. https://doi.org/10.31959/JS.V11I1.621
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Manurung, N., Ihsan, M., & Efendi, B. (2019). PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU LAMPU LALULINTAS PADA POLSEK PORSEA. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 169–174. https://doi.org/10.33330/JURDIMAS.V2I2.374
Nainggolan, E. M. S. dan O. F. (2019). PENGARUH MEREK DAN IKLAN TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN DI PT INDAKO TRADING COY KRAKATAU MEDAN (Studi kasus pada konsumen. Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 367–378. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/download/1064/915
Nawara, S., Fikri, A., Rikardo, D., & Kunci, K. (2021). Strategi Bisnis dalam Menghadapi Daya Beli Masyarakat yang Rendah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3526–3530. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V5I2.1433
Nawir, F., & Hamdat, A. (2021). Penerapan augmented reality sebagai media digital marketing di masa pandemi Covid 19 pada pengusaha penginapan di Malino. TEKMULOGI Jurnal Pengabdan. Masyarakat, 1(1), 41–46. https://www.researchgate.net/profile/Fadliyani-Nawir/publication/354463431_Penerapan_Augmented_Reality_Sebagai_Media_Digital_Marketing_Di_Masa_Pandemi_Covid_19_Pada_Pengusaha_Penginapan_Di_Malino/links/6139d5b4eb7d6b0b53294fed/Penerapan-Augmented-Reality-
Rochim, F., & Safinatunajah, S. (2020). Penyelesaian Perkara Penipuan dan Perlindungan Konsumen Berdasarkan Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam. Islamic Law: Jurnal Siyasah, 5(2 SE-Articles). http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/law/article/view/99
Safwan ., dan Ahmadi, T. (2020). RANCANG BANGUN VIDEO CONFERENCE HOLOGRAM BERBASIS ANDROID. Jurnal J-Innovation, 9(1), 16–19. https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jinnovation/article/download/86/67
Santoso, Y., & Mozef, E. (2020). Implementasi Komunikasi Cahaya Tampak Melalui Lampu LED pada Sistem Komunikasi Suara Menggunakan Modulasi Frekuensi. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 649–655. https://doi.org/10.35313/IRWNS.V11I1.2090
Shaaban, K., Shamim, M. H. M., dan Rouf, K. A. (2021). Visible light communication for intelligent transportation systems: A review of the latest technologies. Journal of Traffic and Transportation Engineering. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Shaaban%2C+K.%2C+Shamim%2C+M.+H.+M.%2C+dan+Rouf%2C+K.+A.+2021.+Visible+light+communication+for+intelligent+transportation+systems%3A+A+review+of+the+latest+technologies.+Journal+of+traffic+and+tran
Sihotang, R. P., dan Dewi, L. D. R. (2021). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS GREATEDU DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI ERA DIGITAL | PANTAREI. PANTAREI. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/710
Siregar, P. A., Harahap, R. A., dan Aidha, Z. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Promosi_Kesehatan_Lanjutan_Dalam_Teori_d/wPoCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=billboard+iklan+%5C&pg=PA50&printsec=frontcover]
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sugiyanti, U. (2019). Mengaplikasikan teknologi holografi dan artificial intelligence (ai) di Perpustakaan digital. Media Informasi, 28(2), 216–227. https://doi.org/10.22146/MI.V28I2.4139
Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31–39. https://doi.org/10.32493/JPKPK.V3I2.4029
Yunus, R. N. (2020). ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT | JUMANT. JUMANT, 12(2), 83–89. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/1071
Zulkarnaen, W., & Amin, N. (2018). PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1 SE-Articles). https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp106-128
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.