Pengaruh YouTube Vloggers terhadap Food Branding
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.20848Keywords:
Vlogging, Food Branding, YouTube VloggersAbstract
Dampak dari era globalisasi yang terjadi pada saat ini sangat mempengaruhi pelaku bisnis dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Pemasaran produk melalui media cetak saja sudah tidak cukup pada zaman sekarang. Pemasaran lewat media digital adalah cara yang paling efektif untuk dilakukan sekarang. Salah satu contohnya adalah pemasaran adalah media sosial, melalui konten YouTube yang dibagikan oleh vlogger. Akan tetapi, belum diketahui secara pasti dampak atau pengaruh dari konten YouTube yang dibuat oleh vloggers terhadap citra merek produk makanan dan keputusan pembelian oleh konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengaruh vlogger berdampak pada citra merek produk makanan dan keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini di lakukan dengan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa keunikan dari konten YouTube vloggers memiliki pengaruh besar dalam citra merek produk makanan. Hasil tersebut akan berguna untuk vloggers dan pemilik usaha dalam memasarkan produk mereka secara efektif.
References
Faizaty, N. E. (2021). Analisis Fenomenologi Program Billionairestore “Jago Jualan†Dalam Paradigma Baru Customer Path 5A. Jurnal Manajerial, 8(3), 222–238.
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand Awareness, Brand Image and Purchase Intention in the Millennial Generation. Cogent Business and Management, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733
Firdayanti, A., Putri, D. A., & Risuandi, D. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Promosi Dan Endorsement. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 191–200.
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is a Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71.
Handika, M. R., & Darma, S. G. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Khalid, K., & Siddiqui, D. A. (2019). Branding with Vlogs, Factors Affecting Their Success. Business and Management Horizons, 7(1), 49–77. https://doi.org/10.5296/bmh.v7i1.14402
Kuncoro, A. M., Putri, A. O., & Pradita, A. (2018). Vlogger Sebagai Saluran Menuju Generasi Milenial Produktif Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis Ke-3 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember, 193–199.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Nugraha, A., & Setyanti, R. P. (2018). The Effects of Vlogger Credibility as Marketing Media on Brand Awareness to Customer Purchase Intention. Journal of Research in Management, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.32424/jorim.v1i2.20
Pratiwi, N., & Delliana, S. (2022). Pengaruh Konten Food Vlog di Akun Youtube Ria Sw Terhadap Perilaku Konsumtif Subscriber. Jurnal Komunikatio, 8(April), 43–54.
Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Sosial dan Manajemen: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS Untuk Jumlah Sampel Medium. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS), 2(4), 43–53. http://www.ijosmas.org
Puspanidra, T., & Valdiani, D. (2018). Komunikator dalam Strategi Endorsement (Studi Strategi Endorsement Produsen Kerudung Voal di Instagram). Wahana: Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 24(2), 1–16.
Subagio, D. P. W., & Rachmawati, D. L. (2020). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food Vlogger of YouTube Channel). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3997
Sunandar, D. (2020). Globalisasi dan Isu-isu PAI. Asyahid Journal of Islamic and Quranic Studies (AJIQS), 2(1), 260–279.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunaryanto, & Rizal, S. (2021). Youtube Dalam Perspektif Ekonomi Media : Systematic Review Kualitatif. El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 15(6), 90–104.
Zakiyah, N. F., & Hartini, S. (2020). Source Credibility Beauty Vlogger, Parasocial Relationship Dan Customer Equity Viewers Youtube. J-MKLI (Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia), 4(1), 17. https://doi.org/10.26805/jmkli.v4i1.82
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.