Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Kopi Kose Cipete Jakarta Selatan

Authors

  • Munarsih Munarsih Universitas Pamulang
  • Aji Candra Kusuma Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.21286

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di Kopi Kose. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT, observasi, wawancara, dokumentasi, dan FGD langsung kepada key informan dan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kopi Kose baik karena Kopi Kose memiliki kekuatan dan peluang untuk dapat bersaing bertahan hingga saat ini, seperti mengembangkan inovasi produk yang dimilikinya agar dapat bersaing dengan pesaingnya. pasar. Namun dari sisi negatifnya, Kopi Kose juga memiliki ancaman dan kelemahan yang dapat mempengaruhi Kopi Kose. Ancaman dan kelemahan Kopi Kose seperti jam buka yang tidak konsisten, promo yang tidak mencukupi, tempat yang tidak memadai. Dengan adanya ancaman tersebut menjadi pemicu bagi Kopi Kose untuk meningkatkan apa yang menjadi target kedepannya. Berdasarkan strategi yang ada, yang paling efektif adalah melanjutkan pemasaran Kopi Kose dimana strategi tersebut dapat memanfaatkan kekuatan dan memaksimalkan peluang yang ada di Kopi Kose.

References

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan†Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Rasmikayati, E., dkk. (2017). Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117-133.

Saefudin, B.R., dkk. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Zulkarnain, Ilmu Menjual (Pendekatan Teoritis & Kecakapan Menjual), Edisi 1. Cetak 1, Yogyakarta: Graha Ilmu 2012.

Downloads

Published

2022-06-01