Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Kopi Kose Cipete Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.21286Keywords:
Strategi Pemasaran, PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di Kopi Kose. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT, observasi, wawancara, dokumentasi, dan FGD langsung kepada key informan dan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kopi Kose baik karena Kopi Kose memiliki kekuatan dan peluang untuk dapat bersaing bertahan hingga saat ini, seperti mengembangkan inovasi produk yang dimilikinya agar dapat bersaing dengan pesaingnya. pasar. Namun dari sisi negatifnya, Kopi Kose juga memiliki ancaman dan kelemahan yang dapat mempengaruhi Kopi Kose. Ancaman dan kelemahan Kopi Kose seperti jam buka yang tidak konsisten, promo yang tidak mencukupi, tempat yang tidak memadai. Dengan adanya ancaman tersebut menjadi pemicu bagi Kopi Kose untuk meningkatkan apa yang menjadi target kedepannya. Berdasarkan strategi yang ada, yang paling efektif adalah melanjutkan pemasaran Kopi Kose dimana strategi tersebut dapat memanfaatkan kekuatan dan memaksimalkan peluang yang ada di Kopi Kose.References
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan†Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.
Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Rasmikayati, E., dkk. (2017). Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117-133.
Saefudin, B.R., dkk. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Zulkarnain, Ilmu Menjual (Pendekatan Teoritis & Kecakapan Menjual), Edisi 1. Cetak 1, Yogyakarta: Graha Ilmu 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.