Pengaruh Kualitas Produk Serta Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer

Authors

  • Ricky Johan UPN Veteran Jawa Timur
  • Supriyono Supriyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.22623

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstract

Analisis ini mempunyai tujuan untuk melihat apakah Kualitas Poduk serta Citra Merek akan memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli Laptop Acer. Lalu populasi di analisis ini yakni Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran†Jawa Timur yang menggunakan Laptop Acer. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yakni non probability sampling lalu teknik pengambilan responden dengan cara accidental sampling. Sampling yang ada pada analisis ini yakni sebanyak 75 responden. Data primer adalah data yang dipakai pada analisis ini yang merupakan data kuesioner dari tanggapan responden dan data sekunder berupa data penjualan Laptop Acer selama dua tahun (2020-2021). Analisis yang dipakai yakni Partial Least Square (PLS). Berdasar hasil analisis, yang ada, ditemukan Kualitas Produk dan Citra Merek ternyata memberi pengaruh kepada Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran†Jawa Timur untuk membeli Laptop Acer.

References

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Chardika Respatya Hendro, W. H. (2018). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2018, Hal. 1-8 http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/ Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.

Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen, 7(1), 16–26.

Estu Mahanani. (2018). Pengaruh citra merek,Kualitas produk,Harga dan Gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Matahari mall.Com. Ikraith-Humaniora, 2.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles Of Marketing (15th ed.). Boston: Pearson.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Silalahi, R. Y. B., & Susantri, L. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Tempat, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Seken Aviari. Jurnal Elektronik REKAMAN, 2(2598–8107), 83–94. Retrieved from ejournal.stiegalileo.ac.id

Soraya, A., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Country of Origin dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic pada Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara. Senriabdi 2021, 1(1), 400–416. Retrieved from

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Supangkat, A. H. & S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Downloads

Published

2022-10-01