Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada UMKM Batik Sendang di Kabupaten Lamongan

Authors

  • Wahyu din Setiawan Muhammadiyah Malang University
  • Fien Zulfikarijah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Chalimatuz Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.22745

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Batik Sendang di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi tidak diketahui dan menentukan jumlah sampel berdasarkan rumus untuk populasi tidak diketahui dan mengambil untuk penelitian berjumlah 100 responden yaitu pelanggan UMKM Batik Sendang. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk pengukuran data dari jawaban responden dan teknik pengumpulan data untuk dianalisis menggunakan kuesioner dengan media google form dan langsung datang ke lokasi. Uji instrument pada penelitian ini ada uji validitas dan uji reliabilitas, dan untuk teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut: harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Author Biography

Wahyu din Setiawan, Muhammadiyah Malang University

saya dari jurusan manajemen bidang pemasaran ingin mengajukan journal saya.

References

Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1), 38–49. https://doi.org/10.37403/maker.v5i1.106

Albari, & Kartikasari, K. (2019). Impact of Product Quality, Service Qualityand Price on Customer Satisfaction Loyalty. 3, 1491–1498.

Ayni Nur, I. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Batik Cap Jenegoroan. 108.

Aziz Abdil, F. (2016). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Batik Murni dan Artis di Kabupaten Bojonegoro. 96.

Cahya Eva, & Harti. (2015). Pengaruh Kualitas produk dan harga Terhadap Keputusan Pembelian Sony Experia Z Series Di Counters Insight Marina Surabaya. 1–15.

Eriskawati, E. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Herbal Penawar AL Wahida (APH) di Kota Jambi. 1–88.

Fauzyah, N., Endang, & Sari, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Butik Amel Pondok Gede Kota Bekasi. 4.

Gema, Z. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmi Dan Riset Manejemen, kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 25.

Hidayat, P. H. M. (2018). the Influence of Product Quality , Price , Store Athmosphere , and Promotion Effectiveness on Consumer Purchase Decision of Flinders Lane Espresso Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 87–98. https://www.semanticscholar.org/

Isfahila, A., Fatimah, F., & S Eko, W. (2018). Pengaruh Harga, Desain, Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Umah Batik Sayu Wiwit DI Banyuwangi. 1–14.

Jaya, U. A., Bagja, S. I., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Price dan Product Quality Terhadap Costumer Loyalty Internet Indosat Ooredo di Sukabumi. Cakrawala, 3(1), 33–42.

Kotler, P., & Keller, L. kevin. (2009). Manajemen Pemasaran (M. Adi & W. Hardani (eds.)).

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lupiyoadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa (D. Hamdi (ed.); Lupiyoadi,). Lupiyoadi, Rambat.

Madiistriyatno, H., & Nurzaman, F. (2020). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of PD Jamu Seduh Utama Pamanukan. In International Journal of Progressive Sciences and …. http://repository.stimaimmi.ac.id/file/dosen/1438337009.pdf

Madistriyatno, H., & Nurzaman, F. (2020). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of PD Jamu Seduh Utama Pamanukan. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 23(2), 639–643.

Muttaqien, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV, Arlin Di Desa Tempeh Kidul Kabupaten Lumajang. Pengaruh Kuallitas Dan Promosi, 2–1, 173.

Napitupulu, F. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Ramayana Lesatari Sentosa. Journal Feb Unmul, 1–9.

Pasaribu, D., & Prayoga, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Home Industri Batik Sahara Indah. 2, 77–83.

Pratama, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuaan Konsumen di Agya Collection Ponorogo.

Purnamasari, I.G.A Yulia, 2015. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/6353

Purnamasari, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5.

Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114

Rohmaya, R., & Yulistiana. (2016). Batik Sendang Lamongan. E-Jounal, 5, 1–9.

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Downloads

Published

2022-10-01