Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada UMKM Batik Sendang di Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.22745Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Batik Sendang di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi tidak diketahui dan menentukan jumlah sampel berdasarkan rumus untuk populasi tidak diketahui dan mengambil untuk penelitian berjumlah 100 responden yaitu pelanggan UMKM Batik Sendang. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk pengukuran data dari jawaban responden dan teknik pengumpulan data untuk dianalisis menggunakan kuesioner dengan media google form dan langsung datang ke lokasi. Uji instrument pada penelitian ini ada uji validitas dan uji reliabilitas, dan untuk teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut: harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
References
Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1), 38–49. https://doi.org/10.37403/maker.v5i1.106
Albari, & Kartikasari, K. (2019). Impact of Product Quality, Service Qualityand Price on Customer Satisfaction Loyalty. 3, 1491–1498.
Ayni Nur, I. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Batik Cap Jenegoroan. 108.
Aziz Abdil, F. (2016). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Batik Murni dan Artis di Kabupaten Bojonegoro. 96.
Cahya Eva, & Harti. (2015). Pengaruh Kualitas produk dan harga Terhadap Keputusan Pembelian Sony Experia Z Series Di Counters Insight Marina Surabaya. 1–15.
Eriskawati, E. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Herbal Penawar AL Wahida (APH) di Kota Jambi. 1–88.
Fauzyah, N., Endang, & Sari, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Butik Amel Pondok Gede Kota Bekasi. 4.
Gema, Z. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmi Dan Riset Manejemen, kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 25.
Hidayat, P. H. M. (2018). the Influence of Product Quality , Price , Store Athmosphere , and Promotion Effectiveness on Consumer Purchase Decision of Flinders Lane Espresso Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 87–98. https://www.semanticscholar.org/
Isfahila, A., Fatimah, F., & S Eko, W. (2018). Pengaruh Harga, Desain, Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Umah Batik Sayu Wiwit DI Banyuwangi. 1–14.
Jaya, U. A., Bagja, S. I., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Price dan Product Quality Terhadap Costumer Loyalty Internet Indosat Ooredo di Sukabumi. Cakrawala, 3(1), 33–42.
Kotler, P., & Keller, L. kevin. (2009). Manajemen Pemasaran (M. Adi & W. Hardani (eds.)).
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lupiyoadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa (D. Hamdi (ed.); Lupiyoadi,). Lupiyoadi, Rambat.
Madiistriyatno, H., & Nurzaman, F. (2020). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of PD Jamu Seduh Utama Pamanukan. In International Journal of Progressive Sciences and …. http://repository.stimaimmi.ac.id/file/dosen/1438337009.pdf
Madistriyatno, H., & Nurzaman, F. (2020). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of PD Jamu Seduh Utama Pamanukan. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 23(2), 639–643.
Muttaqien, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV, Arlin Di Desa Tempeh Kidul Kabupaten Lumajang. Pengaruh Kuallitas Dan Promosi, 2–1, 173.
Napitupulu, F. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Ramayana Lesatari Sentosa. Journal Feb Unmul, 1–9.
Pasaribu, D., & Prayoga, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Home Industri Batik Sahara Indah. 2, 77–83.
Pratama, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuaan Konsumen di Agya Collection Ponorogo.
Purnamasari, I.G.A Yulia, 2015. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/6353
Purnamasari, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5.
Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114
Rohmaya, R., & Yulistiana. (2016). Batik Sendang Lamongan. E-Jounal, 5, 1–9.
Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.