Pengaruh Inovasi Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Sidoarjo

Authors

  • Ryan Oktavianto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nuruni Ika Kusuma Wardhani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.22754

Keywords:

Gaya Hidup, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat permintaan akan smartphone semakin tinggi. Tingginya permintaan ini membuat para produsen smartphone saling berlomba untuk menciptakan inovasi produk yang menarik bagi pelanggan. Adanya pandemi covid-19 membuat perubahan gaya hidup di masyarakat termasuk dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh inovasi produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Sidoarjo. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan SEM dengan alat analisis SmartPLS. Data dikumpulkan dengan mempergunakan kuesioner melalui teknik accidental sampling yang disebar kepada 60 responden yaitu pengguna smarphone Samsung di Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan inovasi produk berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Sidoarjo sedangkan gaya hidup berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Sidoarjo.

References

Baskara B dan Kana A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 213. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787

Bunga, P., Studi, M., Desa, K., Situbondo, K., & Situbondo, K. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI. 17(2), 72–85.

Dzulkarnaen, A. R., & Wardhani, N. I. K. (2022). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pizza Hut Surabaya. 5(April), 1–7.

Harahap, E. F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kendaraan Bermotor pada PT Asuransi Sinarmas Cabang Garut. Journal of Knowledge Management, 12(1), 12–20. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JKM/article/view/613/598

HARIYANA, N., WARDANI, N. I. K., & SALSABILA, N. A. (2022). Discounts and Promotions On Purchase Decision. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 2(2), 63–70. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i2.73

Ika, N., Wardhani, K., & Hendrati, I. M. (2021). Development of Local Food-Based Food Products to Expand Marketing Network in Kenjeran Bulak Sub District Surabaya. 2021, 312–317. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.0948

Johan Bhimo Sukoco. (2020). Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ). Jurnal Mitra Manajemen, 4(11), 1558–1572. Retrieved from http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Kapantouw, C., & Mandey, S. (2015). Pengaruh sikap, norma subyektif, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian handphone asus di gamezone computer mega mall manado. Jurnal EMBA, 3(2), 706–718. Retrieved from https://openknowledgemaps.org/map/e050b148754581f0357c08574131a194

Kartika, V. C. (2018). Gaya Hidup Penggemar EXO di Surabaya Terhadap Produk Merchandise Boyband EXO. 1–11. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/79401/

Ke, P. S., Krisis, A., Provinsi, B. P. S., Neighbor, N., Neighbor, N., Error, A., … Neigbor, N. (2019). Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 621. 621–628.

Kurniadi. (2020). Minat Beli Konsumen Kaum Milenial Pada baju Batik di Surabaya. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Purnomo, B., & Purnomo, B. R. (2017). Pengembangan Produk dan Inovasi Produk pada Teh Hijau Cap Pohon Kurma (Studi pada PT Panguji Luhur Utama). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 6(2), 27. https://doi.org/10.30588/jmp.v6i2.300

Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh sikap konsumen dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone (studi pada mahasiswa unsrat di manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Ulwanusy Syukri, M., & Logahan, J. M. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja Karang Taruna Kelurahan Karet Kuningan. Jurnal SISTEM INFORMASI, 1(2), 25–32. Retrieved from www.journal.ibmasmi.ac.id

Downloads

Published

2022-10-01