Kualitas Pelayanan Memberikan Pengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Tuku di Cipete Selatan Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.23113Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Tempat dilakukan penelitian di Toko Kopi TUKU Cipete Selatan Jakarta Selatan, menggunakan metode penelitian assosiatif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 30.236 orang yang merupakan konsumen Toko Kopi TUKU Cipete Selatan Jakarta Selatan dan sampel penelitian berjumlah 100 responden didapat dengan menggunakan rumus slovin dengan error margin 10%. Waktu penelitian yaitu 3 bulan (Februari - April 2022). Observasi dan pembagian kuesioner kepada responden dilakukan dalam rangka pengumpulan data di lapangan. Dalam menganalisis data penelitian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 21. Hasil penelitian diketahui bahwa Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Konsumen secara positif dan signifikan.
References
Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : CV Alfabeta
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amirullah. 2021. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Sidoarjo : Indomedia Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bangun, Wilson. 2021. Pengantar Manajemen. Jakarta : Erlangga
Dwinanda, Yovita. 2019. Pengaruh Perceived Quality terhadap Kepuasan Pelanggan dan Intention to Revisit pada Coffee Shop Kopi Nalar. Tesis. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.
Frida, Catharina Vista Okta. 2021. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Gosyen Publishing
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Handoko, Hani T. 2013. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta : BPPE
Hurriyati, Ratih dan Muji Gunarto. 2019. Metode Statistik Bisnis untuk Bidang Ilmu Manajemen dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung : PT. Refika Aditama
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta
Irawan, Dede. 2019. Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen menurut Perspektif Ekonomi Islam (studi pada Mebel Karya Mandiri Kabupaten Pringsewu) Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan
Irwana, A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk di Makasar. Skripsi. Makasar : Universitas Muhammadiyah Makasar
Ismail, Taupik dan Ramayani Yusuf. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, No. ISSN 2541-5255, Vol. 5, No.3, tahun 2021, hal 413-423. Bandung : Politeknik Piksi Ganesha Bandung
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran . Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kurniawan, Ricky. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap pelayanan PT. Jaya Trade Cabang Belawan. Tesis. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Mu’tashim, Mush’ab Ihsan dan Alim Setiawan Slamet. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), No. ISSN 2088-9372, Vol. 10, No. 2, Edisi Agustus 2019 hal 118-132. Bogor : Institute Pertanian Bogor (IPB)
Noor, Fathira Virdha. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu : IAIN Bengkulu
Novitasari, Erna. 2020. Dasar-dasar Ilmu Manajemen. Yogyakarta : Unicorn
Oktaviani, Puti, Sasi Utami dan Budi Susanto. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Pos Express PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK), No. ISSN 2621-2374, Vol 1, No. 1, Juli 2018 hal 94-110. Kediri : Universitas Kediri
Rahmat, Misbahul. 2021. Tingkat Kepuasan Konsumen berdasarkan Dimensi Kualitas Pelayanan pada Rumah Makan Ayam Geprek D’Ja Lampriet. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.
Sari, Putri Pangkas Setia. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kuliner Taman Belitong Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI OFFSET
Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : ANDI
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sulastri, Lilis. 2014, Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori, dan Praktik. Bandung : La Goods Publishing.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sunyoto, Danang. 2017. Penelitian Sumber Daya Manusia : Teori, Kuesioner, Alat Statistik dan Contoh Riset. Yogyakarta : CAPS
Suwito, Joko. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada CV Global AC Banjarbaru. Jurnal KINDAI, Vol. 14 No. 3, Juli 2018, Halaman 255-262. Banjarmasin : STIE Pancasetia Banjarmasin
Thamrin, Irmayanti Sulistiaty. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Al Badar Hotel Makasar. Skripsi. Makasar : Universitas Muhammadiyah Makasar.
Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction edisi 3, Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : ANDI
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi kelima. Depok : PT. RajaGrafindo Persada
Wijanarko, Bima Septian. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Digital 10 di Surakarta. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Yusi, Syahirman dan Umiyati Idris. 2020. Statistika-untuk Ekonomi, Bisnis dan Sosial. Yogyakarta : ANDI
Yusuf, A. Muri. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Metode Gabungan. Cetakan 5. Jakarta : Prenadamedia Group
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.