PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN (STUDI KASUS PADA AGEN ANUGRAH MANDIRI JAKARTA)

Authors

  • Ugeng Budi Haryoko Budi Haryoko Universitas Pamulang
  • Punguan Sinaga Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2458

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi, biaya promosi, tingkat penjualan dan untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh biaya promosi (X) terhadap tingkat penjualan (Y). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara dan observasi langsung. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, struktur organisasi dan mengenai alat promosi yang digunakan. Sedangkan pengolahan data bersifat kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik. Dengan jumlah sampel biaya promosi dan hasil penjualan selama 6 tahun (20102015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama enam tahun tingkat penjualan agen Anugerah Mandiri adalah rata-rata 89,68% dari target yang ditetapkan. Pada tahun 2010 sebesar 87,05%, tahun 2011 sebesar 90,38%, tahun 2012 sebesar 93,84%, tahun 2013 sebesar 86,14%, tahun 2014 sebesar 88,38%, dan pada tahun 2015 sebesar 92,28%. Berdasarkan analisis korelasi dapat disimpulkan bahwa r = 0,85 hal ini mempunyai arti bahwa pengaruh biaya promosi terhadap tingkat penjualan terdapat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 72,25% hasil penjualan dipengaruhi biaya promosi dan 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan n = 6 pada taraf signifikan α = 5% dan nilai t hitung > t tabel yaitu diketahui bahwa t hitung 3,23 sedangkan t tabel 2,132 maka dapat dikatakan 3,23 > 2,132. Ho ditolak, H1 diterima yang artinya, terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap tingkat penjualan pada agen Anugerah Mandiri

Kata kunci: Biaya Promosi, Tingkat Penjualan

Downloads

Published

2019-03-23