PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN (STUDI KASUS PADA AGEN ANUGRAH MANDIRI JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2458Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi, biaya promosi, tingkat penjualan dan untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh biaya promosi (X) terhadap tingkat penjualan (Y). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara dan observasi langsung. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, struktur organisasi dan mengenai alat promosi yang digunakan. Sedangkan pengolahan data bersifat kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik. Dengan jumlah sampel biaya promosi dan hasil penjualan selama 6 tahun (20102015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama enam tahun tingkat penjualan agen Anugerah Mandiri adalah rata-rata 89,68% dari target yang ditetapkan. Pada tahun 2010 sebesar 87,05%, tahun 2011 sebesar 90,38%, tahun 2012 sebesar 93,84%, tahun 2013 sebesar 86,14%, tahun 2014 sebesar 88,38%, dan pada tahun 2015 sebesar 92,28%. Berdasarkan analisis korelasi dapat disimpulkan bahwa r = 0,85 hal ini mempunyai arti bahwa pengaruh biaya promosi terhadap tingkat penjualan terdapat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 72,25% hasil penjualan dipengaruhi biaya promosi dan 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan n = 6 pada taraf signifikan α = 5% dan nilai t hitung > t tabel yaitu diketahui bahwa t hitung 3,23 sedangkan t tabel 2,132 maka dapat dikatakan 3,23 > 2,132. Ho ditolak, H1 diterima yang artinya, terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap tingkat penjualan pada agen Anugerah Mandiri
Kata kunci: Biaya Promosi, Tingkat Penjualan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.