ANALISIS PENGARUH BANGUNAN, PERALATAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus di Puskesmas Rawabuntu Serpong Tangsel)

Authors

  • Jakariah Jakariah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2459

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh bangunan, peralatan dan sumber daya manusia terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Rawabuntu. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa pelayanan/ pasien berobat di puskesmas rawabuntu serpong tangerang selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah 55 responden, teknik pengambilan sampel ditentukan secara acak atau dikenal dengan teknik random sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah tes validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, model regresi berganda, koefisiensi determinasi (R2), pengujian hipotesis dengan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS for Windows Version 17. Berdasarkan hasil penelitian; Variabel banguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien sebesar 0,409. Yang artinya jika variabel banguna meningkat satu satuan dengan asumsi variabel peralatan dan variabel sumber daya manusia tetap, maka Kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,409. Variabel peralatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien sebesar 0,129. Yang artinya jika variabel peralatan meningkat satu satuan dengan asumsi variabel banguna dan variabel sumber daya manusia tetap, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,129. Variabel Sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien sebesar 0,779. Yang artinya jika variabel SDM meningkat satu satuan dengan asumsi variabel sumber daya manusia banguna dan variabel Peralatan tetap, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,779. Faktor Banguna, Peralatan, dan Sumber daya manusia, secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap Kepuasan pasien pada Puskesmas Rawabuntu. Model regresi berganda yang diperoleh adalah Y = 2.035 + 0,409 X1 + 0,129 X2 + 0,779 X3

Kata Kunci: Bangunan, Peralatan, Sumber Daya manusia dan Kepuasan Pasien

Downloads

Published

2019-03-23