PENGARUH KUALITAS PRODUK BAJU BATIK HEM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOME INDUSTRI BATIK SAHARA INDAH

Authors

  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Universitas Pamulang
  • Meko Yogi Suryo Prayoga Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2461

Abstract

ABSTRAK
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, mengetahui hubungan kualitas produk dan mengetahui kontribusi kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif, observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket (kuisioner) yang berisi 10 pernyataan terkait variabel kualitas produk dan 15 pernyataan terkait variabel kepuasan pelanggan kepada 98 responden yang juga merupakan pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Dari hasil analisa dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment diperoleh r = 0,231. Hal ini menunjukan adanya hubugan yang rendah antara Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan koefesien determinan hasilnya adalah 5,34%. Hal ini berarti kepuasan pelanggan sebesar 94,66% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji signifikansi maka t-hitung > t-tabel yaitu 2,390 > 1,660 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima (signifikan), yaitu Kualitas Produk (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat Kepuasan Pelanggan (Y).Dari persamaan regresi yang diperoleh, Y = 44,943 + 0,354X.Dari persamaan terlihat bahwa koefisien b bernilai positif, ini menunjukan bahwa perubahan Y searah dengan perubahan X. Jadi nilai Y akan meningkat jika nilai X meningkat, sebaliknya nilai Y akan menurun jika nilai X menurun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Koefesien regresi X = 0,354, maka skor variabel Y akan bertambah 1 point dengan asumsi konstanta 44,943. Kata Kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2019-03-23