PENGARUH KUALITAS PRODUK BAJU BATIK HEM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOME INDUSTRI BATIK SAHARA INDAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2461Abstract
ABSTRAK
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, mengetahui hubungan kualitas produk dan mengetahui kontribusi kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif, observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket (kuisioner) yang berisi 10 pernyataan terkait variabel kualitas produk dan 15 pernyataan terkait variabel kepuasan pelanggan kepada 98 responden yang juga merupakan pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Dari hasil analisa dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment diperoleh r = 0,231. Hal ini menunjukan adanya hubugan yang rendah antara Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan koefesien determinan hasilnya adalah 5,34%. Hal ini berarti kepuasan pelanggan sebesar 94,66% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji signifikansi maka t-hitung > t-tabel yaitu 2,390 > 1,660 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima (signifikan), yaitu Kualitas Produk (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat Kepuasan Pelanggan (Y).Dari persamaan regresi yang diperoleh, Y = 44,943 + 0,354X.Dari persamaan terlihat bahwa koefisien b bernilai positif, ini menunjukan bahwa perubahan Y searah dengan perubahan X. Jadi nilai Y akan meningkat jika nilai X meningkat, sebaliknya nilai Y akan menurun jika nilai X menurun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Koefesien regresi X = 0,354, maka skor variabel Y akan bertambah 1 point dengan asumsi konstanta 44,943. Kata Kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.