PENGARUH PRODUK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK OCBC NISP, TBK CABANG GREEN GARDEN

Authors

  • Mita Sicillia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2462

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan berusaha mendapatkan pelangggan baru dan mempertahankan pelanggan lama yang telah eksis, keberhasilan perusahaan tersebut tidak lepas dengan adanya kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Adanya kondisi tersebut menuntut agar pihak perusahaan berusaha melakukan pengukuran kepuasan pelanggan dengan cara menganalisa faktor dari dari nilai produk yang dimiliki, kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan citra perusahaan di mata pelanggan, sehingga sebuah perusahaan dapat menjaga bahkan meningkatkan kepuasan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan tehadap Citra Perusahaan serta dampaknya terhadap kepuasan nasabah PT Bank OCBC NISP, Tbk. Cabang Green Garden . Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah pada PT bank OCBC NISP, Tbk Cabang Green Garden yang berjumlah 100 orang, sehingga penelitian ini meupakan penelitian sensus. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana, regresi linier berganda. Dari pengujian yang dilakukan terdapat pengaruh nilai produk, kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah secara statistik menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 86.251 dengan F tabel adalah 2.699. Besarnya nilai F hitung > F tabel mengindikasikan bahwa pengaruhnya berdampak positif dan signifikan. Dengan demikian telah terbukti bahwa Produk, Kualitas Pelayanan terhadap Citra Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Kata Kunci : Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepuasan Nasabah.

Downloads

Published

2019-03-23