Pengaruh Omnichannel Marketing, Product Assortment dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Sociolla

Authors

  • Nyoman Sri Subawa Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Shinta Sri Sindari Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i2.25338

Keywords:

Omnichannel, product assortment, online customer review, minat beli

Abstract

Penelitian ini ditujukan agar mengetahui bagaimana omnichannel, product assortment dan online customer reviewmampu berdampak secara parsial dan simultan kepada minat beli konsumen Sociolla di Badung. Metode yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat bantu angket yang disebarkan dengan teknik incidental samplingkepada 160 responden dari masyarakat Badung. Data dianalisis melalui bantuan aplikasi SPSS. Diperoleh hasil penelitian seluruh variabel penelitian mempunyai nilai sig < 0,05, berarti seluruh hipotesis di penelitian mampu diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu omni channel marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan pada minat beli konsumen Sociolla di Badung; product assortment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Sociolla di Badung; online customer review mempunyai dampak positif dan signifikan pada minat beli pembeli Sociolla di Badung; omnichannel marketing, product assortment dan online customer review secara bersama-sama mempunyai dampak positif dan signifikan pada minat beli konsumen Sociolla di Badung. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan studi yang lebih mendalam mengenai variabel-variabel yang bukan menjadi bagian dari studi ini serta melakukan riset di lokasi lainnya ataupun dengan lingkup yang lebih lebar. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan terkait dalam meningkatkan niat beli konsumen. Strategi yang diterapkan Sociolla bermanfaat bagi seseorang dalam memenuhi kebutuhan mereka, baik dalam mencari informasi dan menemukan produk yang dicarinya melalui berbagai saluran.

Author Biography

Putu Shinta Sri Sindari, Universitas Pendidikan Nasional

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Alma, B., 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Atmojo, R. N., & Saraswati, T. G. 2020. Pengaruh Store Atmosphere, Product Assortment dan Price Terhadap Minat Beli di Borma Kota Bandung. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis 4, 68-76.

Bank Indonesia. (2021). Pidato GBI dalam PTBI 2021.

Cao, L., Li, L., 2015. The Impact of Cross-Channel Integration on Retailers’ Sales Growth. Journal of Retailing 91, 198–216. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretai.2014.12.005

Dailysocial.id. 2019. Sociolla Buka Gerai Offline Berkonsep "Omni-Channel". https://dailysocial.id/post/gerai-omni-channel-sociolla

Dewi, A. K., & Artanti Y. 2020. Peran Online Customer Review, City Image dan Perceived Price terhadap Purchase Intention pada Wisata Kuliner Surabaya. Jurnal Manajemen dan Keuangan 9, 88-100.

Elwalda, A., Lu, K., 2016. The impact of online customer reviews (OCRs) on customers’ purchase decisions: An exploration of the main dimensions of OCRs. Journal of customer Behaviour 15, 123–152.

Fahma Auliya, Z., Alfi Naiim, J., 2021. Pengaruh Online Customer Review, Label Halal, dan Country Of Origin terhadap Minat Beli. Jurnal STIE Semarang 13, 104–115. https://doi.org/10.33747

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang : BP Universitas Diponegoro

Filieri, R., 2015. What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. J Bus Res 68, 1261–1270. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11.006

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Girsang, P. J., & Widodo, A. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Dan Product Assortment Terhadap Minat Beli Pada The Secret Factory Outlet Bandung. Image : Jurnal Riset Manajemen, 3(1).

Hair, Joseph F.,G. Tomas M. Hult., Christian M. Ringle., and Marko Sarstedt. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). 2e Edition USA: Sage.

Hidayati, N.L., 2018. Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 6.

iPrice. 2022. Peta E Commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Jalilvand, M. R., Ebrahimi, A., & Samiei, N. 2013. Electronic word of mouth effects on tourists’ attitudes toward Islamic destinations and travel intention: An empirical study in Iran. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 81, 484-489.

Junianti, A., Elawatii, E., Ardhiyansyah, A., Bakar, A., 2020. The Effect of Omni Channel Marketing on Customer Buying Interest of Fashion Products. International Journal of Economics, Management, and Accounting 1, 8–12.

Kotler, P., Keller, K.L., 2016. Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education Limited., New Jersey .

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mu’nis, H., Komaladewi, R., 2019. Analisis komparatif online customer review dan survey customer review marketing mix. Jurnal Ekonomi Modernisasi 15, 138–148.

Nainggolan, R., Purba, E.N., 2019. Perbaikan Performa Cluster K-Means Menggunakan Sum Squared Error (SSE) Pada Analisis Online Customer Review Terhadap Produk Toko Online. Jurnal Times 8, 1–8.

Nasution, A.U., 2020. Pengaruh Social Media Marketing Dan Review Produk Pada Marketplace Tokopedia Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Feb Usu). Jurnal Manajemen Universitas Sumatera Utara 1–85.

Navarone W, O., 2003. Analisis Pengaruh Tingkat Kesuksesan Produk Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia 2, 111–122.

Rakhmawati, R.K., Trenggana, A.F.M., 2018. Pengaruh Store Atmosphere, Product Assortment Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Transmart Carrefour Buah Batu Bandung. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen 8, 89–104.

Rohmatulloh, C., Sari, D., 2021. Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee. eProceedings of Management 8.

Sugesti, N.L., Kusniawati, A., Prabowo, F.H.E., 2019. Pengaruh omni-channel marketing terhadap minat beli konsumen (Studi kasus pada produk tabungan emas PT. Pegadaian Syariah cabang Padayungan). Business Management and Entrepreneurship Journal 1, 92–101.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Syarifah, E., Karyaningsih, K., 2021. Pengaruh Online Customer Review dan Kepercayaan terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada. YUME: Journal of Management 4.

Yan, J., Kwak, K., 2016. Empirical Study on Omni-Channel Effect: Evidence form Department Store. Journal of Marketing Thought 3, 39–45.

Downloads

Published

2023-02-01