Faktor-Faktor Budaya Internasional dalam Pemasaran Global
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i2.27532Keywords:
Internasional, kebudayaan, pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor budaya internasional dalam pemasaran global, yaitu dengan memahami bahasa, estetika, pendidikan, agama yang ada di negara yang akan perusahaan masuki, karena pemahaman lingkungan budaya luar sangat penting dalam tahap pemasaran produk secara global karena budayalah yang menjadikan faktor utama dalam menmutuskan apakah produk itu layak untuk dikomsumsi dinegara tersebut ataupun adanya penolakan dengan alasan tertentu yang bisa saja bertentangan dengan budaya, agama dan pengetahuan penduduk disuatu negara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library resources deskriptif analitis, metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui media internet dalam bentuk paper, artikel, jurnal, dan website. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman lingkungan budaya luar sangat penting dalam tahap pemasaran produk secara global karena budayalah yang menjadikan faktor utama dalam menmutuskan apakah produk itu layak untuk dikomsumsi dinegara tersebut ataupun adanya penolakan dengan alasan tertentu yang bisa saja bertentangan dengan budaya, agama dan pengetahuan penduduk disuatu negara tersebutReferences
Ayuni, P., Syafrida Hasibua, A. Z., & Suhairi, S. (2022). Komunikasi Antar Budaya Dalam Perspektif Antropologi Islam. Dakwatussifa: Journal of Da’wah and Communication, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v1i1.16
Elissa, I., & Mujiyana. (2013). Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, VIII(3), 143–152.
Firmansyah, M. A., & Fatihudin, D. (2017). Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization). Deepublish.
Hendrayady, A., & Dkk. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV. Media Sains Indonesia.
In’am, A. (2019). PROCEEDING : OASE (The Overseas Academic Study Exchange Program). Direktorat Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, 2(1), 377.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248
Odillia, L. (2022). Warna Dalam Desain Kemasan Kosmetik Di Indonesia : Jurnal Teknik Informatika Dan Desain Komunikasi Visual, 1, 14–25.
Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853
Sanitha, O. D., Rejeki, V. G. S., & Soesilo, A. R. (2022). Brand Dan Arsitektur Dalam Tuntutan Pasar Global Konteks : Bangunan Komersial. 1(1), 16–26.
Sherly, Halim, F., & Butarbutar, M. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan KIta Menulis.
Simbolon, F. (2013). Strategi Pemasaran Global. Binus Business Review, 4(1), 405–413.
Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 84–90. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546
Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo ). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 6(2), 83–98.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.