Analisis Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya

Authors

  • Malkan Yahya Abdillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suhairi Suhairi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Imamsyah Imamsyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yudi Bimantaka Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i2.27949

Keywords:

Strategi Pemasaran, Segmentation, Targeting, Positioning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP) pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya. Metode penelitian yang penulis gunakan berjenis metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan pemilik restoran sebagai narasumbernya, hal ini dikarenakan pemilik toko mengetahui segala strategi dan kegiatan yang ada didalam restoran tersebut. Data dari penelitian ini disajikan dengan menggunakan strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pihak restoran telah melakukan dan menerapkan strategi STP pada restorannya. Strategi segmenting didasarkan pada 4 segmen, yaitu demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Target konsumen restoran adalah semua kalangan, baik secara gender ataupun umur. Citra produk dan layanan berkualitas diposisikan oleh pihak restoran untuk menjadi daya saingnnya.

Author Biographies

Malkan Yahya Abdillah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa aktif Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Suhairi Suhairi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Imamsyah Imamsyah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa aktif Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Yudi Bimantaka, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa aktif Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154–162.

Firdaus, Azizah, & Sa’adah, 2022; Manggu & Beni, 2021; Rismawati, Wahyuni, & Widodo, 2019; Rosyida, Heriyani, Fuadi, & Dinia, 2020; Sani & Aslami, 2022; Tjiptono, 2007; Tjiptono & Chandra, 2012; Wahyuni, 2020; Widjaya, 2017; Wijaya & Sirine, 2016)

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34.

Rismawati, F. F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68–72.

Rosyida, A., Heriyani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy Segmenting, Targeting, Dan Positioning: Study On Pt Sidomuncul. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(1).

Sani, S. A., & Aslami, N. (2022). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Dan Positioning) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 18–26.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuni, N. P. S. (2020). Analisis Produk Layanan Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar Berdasarkan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4 P (Product, Price, Place, Promotion). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1).

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(03), 175–190.

Downloads

Published

2023-02-01