Pengaruh Strategi Dorongan Pasar dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Penerapan Model UTAUT E-Payment

Authors

  • Ana Ramadhayanti Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.28165

Keywords:

Model UTAUT, Dorongan Pasar, E-Payment

Abstract

Penelitian ini menggunakan tiga variabel yakni varibel independent Strategi Dorongan Pasar dan Pengetahuan Konsumen. Sementara itu untuk variabel independent adalah Penerapan Model UTAUT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh  Strategi Dorongan Pasar dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Penerapan Model UTAUT. Dalam penelitian ini menggunakan metode komparatif, dengan menggunakan perhitungan SPSS.25. Hasil kuesioner tersebut diolah dengan software SPSS. Hasil uji  F SPSS menujukkan bahwa terdapat Pengaruh  Strategi Dorongan Pasar (X1) dan Pengetahuan Konsumen (X2) secara simultan berpengaruh  Terhadap Penerapan Model UTAUT (Y) . Sementara itu untuk uji t menujukkan hasil bahwa masing-masing variabel memiliki pengaruh antara variabel Strategi Dorongan Pasar (X1) terhadap Penerapan Model UTAUT (Y), serta untuk Pengetahuan Konsumen Terhadap Penerapan Model UTAUT.  Hasil manfaat yang didapatkan dari penelitian ini adalah dapat menambah pengetahuan seputar pembelian secara online. Selain itu juga dapat lebih mengenalkan keapada masyarakat seputar model Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology (UTAUT), dengan model ini semoga kedepannya dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan memotivasi peneliti lain untuk dapat berekperimen.

 

References

Cravens et al. (2009). Management framework guiding strategic thinking in rapidly changing markets. MARKETING MANAGEMENT, Vol. 25, No. 1-2,(ISSN0267-257X print /ISSN1472-1376 online), 31–49.

Darma, Budi. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier SederhanaRegresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). . Guepedia. .

Diamonalisa et al. (2022). Mengolah Data Penelitian Akuntansi dengan SPSS. CV. Literasi Nusantara Abadi. .

Handayani, T. dan S. (2015). Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta). Jurnal Angkasa, Volume VII, Nomor 2.

Laela & Asdar, M. (2022). Manajemen Pemasaran Digital Kunci Sukses Masa Depan. . PT. Nasya Expanding Management. .

Lestari, A. dan D. Mayurina. (2018, September). Pengaruh Penerapan Model Utaut Terhadap Perilaku Pengguna Sistem E-Learning Di Amik Logika. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018. STMIK Royal – AMIK Royal, Hlm. 75 – 80 Kisaran, Asahan, ISSN 2622-9986 (Cetak) ISSN 2622-6510 (Online).

Matondang, N. & H. F. (2021). Praktik Analisis Data Pengelahan Ekonometrika Dengan Eviews & SPSS. CV. Merdeka Kreasi Group.

Mohungo, Y. & A. M. (2022). Manajemen Pemasaran Holistik Era 4.0 Konsep, Teori, dan Implementasi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management. .

Muhid, Abdul. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktik Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Zifatama Jawara.

Nuraeni, S. N. dkk. (2022). Analisis Faktor Pengaruh Behavioural Intention Pada Aplikasi Bibit Menggunakan Model UTAUT 2. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis , Volume 9 No. 1, 183–193.

Olavarria-Jaraba et al. (2018). Relationship quality as an antecedent of customer relationship proneness: A cross-cultural study between Spain and Mexico. Journal of Retailing and Consumer Services, 42, 78–87.

Onibala, A. A. dkk. (2021). Analisis Penerapan Model UTAUT 2 (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2) Terhadap E-Kinerja Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. . . E-Journal Teknik Informatika. .

Putri, N. K. R. D. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar. E-JURNAL AKUNTANSI , VOL 30 NO 2, 540–555.

Riyanto, S. dan P. A. R. (2022). Metode Risert Penelitian Kesehatan & Sains. Deepublis.

Roflin, E. R. & R. F. (2022). Analisis Korelasi dan Regresi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Rohmatulloh, I. H. dan N. J. (2022). Penggunaan Learning Management System di Pendidikan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Model UTAUT. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) , Volume 10, Nomor 1.

Talwar, S. , D. A. , K. A. , M. G. , & I. A. K. M. N. (2020). Point of adoption and beyond. Initial trust and mobile-payment continuation intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 1–12.

Downloads

Published

2023-10-09