Pengaruh Strategi Dorongan Pasar dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Penerapan Model UTAUT E-Payment
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.28165Keywords:
Model UTAUT, Dorongan Pasar, E-PaymentAbstract
Penelitian ini menggunakan tiga variabel yakni varibel independent Strategi Dorongan Pasar dan Pengetahuan Konsumen. Sementara itu untuk variabel independent adalah Penerapan Model UTAUT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Dorongan Pasar dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Penerapan Model UTAUT. Dalam penelitian ini menggunakan metode komparatif, dengan menggunakan perhitungan SPSS.25. Hasil kuesioner tersebut diolah dengan software SPSS. Hasil uji F SPSS menujukkan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Dorongan Pasar (X1) dan Pengetahuan Konsumen (X2) secara simultan berpengaruh Terhadap Penerapan Model UTAUT (Y) . Sementara itu untuk uji t menujukkan hasil bahwa masing-masing variabel memiliki pengaruh antara variabel Strategi Dorongan Pasar (X1) terhadap Penerapan Model UTAUT (Y), serta untuk Pengetahuan Konsumen Terhadap Penerapan Model UTAUT. Hasil manfaat yang didapatkan dari penelitian ini adalah dapat menambah pengetahuan seputar pembelian secara online. Selain itu juga dapat lebih mengenalkan keapada masyarakat seputar model Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology (UTAUT), dengan model ini semoga kedepannya dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan memotivasi peneliti lain untuk dapat berekperimen.
References
Cravens et al. (2009). Management framework guiding strategic thinking in rapidly changing markets. MARKETING MANAGEMENT, Vol. 25, No. 1-2,(ISSN0267-257X print /ISSN1472-1376 online), 31–49.
Darma, Budi. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier SederhanaRegresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). . Guepedia. .
Diamonalisa et al. (2022). Mengolah Data Penelitian Akuntansi dengan SPSS. CV. Literasi Nusantara Abadi. .
Handayani, T. dan S. (2015). Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta). Jurnal Angkasa, Volume VII, Nomor 2.
Laela & Asdar, M. (2022). Manajemen Pemasaran Digital Kunci Sukses Masa Depan. . PT. Nasya Expanding Management. .
Lestari, A. dan D. Mayurina. (2018, September). Pengaruh Penerapan Model Utaut Terhadap Perilaku Pengguna Sistem E-Learning Di Amik Logika. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018. STMIK Royal – AMIK Royal, Hlm. 75 – 80 Kisaran, Asahan, ISSN 2622-9986 (Cetak) ISSN 2622-6510 (Online).
Matondang, N. & H. F. (2021). Praktik Analisis Data Pengelahan Ekonometrika Dengan Eviews & SPSS. CV. Merdeka Kreasi Group.
Mohungo, Y. & A. M. (2022). Manajemen Pemasaran Holistik Era 4.0 Konsep, Teori, dan Implementasi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management. .
Muhid, Abdul. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktik Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Zifatama Jawara.
Nuraeni, S. N. dkk. (2022). Analisis Faktor Pengaruh Behavioural Intention Pada Aplikasi Bibit Menggunakan Model UTAUT 2. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis , Volume 9 No. 1, 183–193.
Olavarria-Jaraba et al. (2018). Relationship quality as an antecedent of customer relationship proneness: A cross-cultural study between Spain and Mexico. Journal of Retailing and Consumer Services, 42, 78–87.
Onibala, A. A. dkk. (2021). Analisis Penerapan Model UTAUT 2 (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2) Terhadap E-Kinerja Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. . . E-Journal Teknik Informatika. .
Putri, N. K. R. D. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar. E-JURNAL AKUNTANSI , VOL 30 NO 2, 540–555.
Riyanto, S. dan P. A. R. (2022). Metode Risert Penelitian Kesehatan & Sains. Deepublis.
Roflin, E. R. & R. F. (2022). Analisis Korelasi dan Regresi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Rohmatulloh, I. H. dan N. J. (2022). Penggunaan Learning Management System di Pendidikan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Model UTAUT. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) , Volume 10, Nomor 1.
Talwar, S. , D. A. , K. A. , M. G. , & I. A. K. M. N. (2020). Point of adoption and beyond. Initial trust and mobile-payment continuation intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.