ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SD ISLAM AL-SYUKRO UNIVERSAL DALAM MENGHADAPI PENGUATAN DAYA SAING DI TAHUN 2017

Authors

  • Khotimatus Sadiyah Dosen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2827

Keywords:

Manajemen Strategi, Strategi Bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang posisi dan kondisi SD islam Al-Syukro Universal dalam bersaing serta mengetahui strategi yang lebih baik dalam meningkatkan daya saingnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun responden dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yang meliputi kepala sekolah, bagian kesiswaan, kurikulum, manajer keuangan, orang tua dan peneliti. Adapun analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis SWOT dengan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pada kondisi lingkungan internal internal (IFAS) dengan indikator kekuatan (strength) sebesar 3,54 dikurangi dengan indikator kelemahan  (weakness) -2,23 menjadi grand total  sebesar 1,31 bernilai posistif. Pada aspek eksternal (EFAS) dengan rincian indikator peluang (opportunity) sebesar 3,66 dikurangi dengan indikator ancaman  (threath) yaitu  -2,31 menjadi grand total sebesar 1,35 bernilai positif. Kedua kondisi baik internal maupun ekternal keduanya bernialai positif yang berarti bahwa posisi SD Al-Syukro Universal  dalam persaingan bisnisnya berada pada kondisi prospektif (kuadran I) dari Matrik kondisi. Hal ini berarti organisasi berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. (2) Hasil dari scoring analisa SWOT menggambarkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I (Prospektif) yang berarti strategi yang dijalankan adalah dengan menggunakan Strategi S-O(Strength-Opportunity) yaitu:mengoptimalkan  program pemasaran secara langsung dan tidak langsung, menjaga kualitas program pendidikan, mengoptimalkan jaringan networking dalam pemasaran, dan berperan aktif dalam keikutsertaan sekolah pada kegiatan dinas pendidikan.

Downloads

Published

2019-07-11