ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SD ISLAM AL-SYUKRO UNIVERSAL DALAM MENGHADAPI PENGUATAN DAYA SAING DI TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2827Keywords:
Manajemen Strategi, Strategi BersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang posisi dan kondisi SD islam Al-Syukro Universal dalam bersaing serta mengetahui strategi yang lebih baik dalam meningkatkan daya saingnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun responden dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yang meliputi kepala sekolah, bagian kesiswaan, kurikulum, manajer keuangan, orang tua dan peneliti. Adapun analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis SWOT dengan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pada kondisi lingkungan internal internal (IFAS) dengan indikator kekuatan (strength) sebesar 3,54 dikurangi dengan indikator kelemahan (weakness) -2,23 menjadi grand total sebesar 1,31 bernilai posistif. Pada aspek eksternal (EFAS) dengan rincian indikator peluang (opportunity) sebesar 3,66 dikurangi dengan indikator ancaman (threath) yaitu -2,31 menjadi grand total sebesar 1,35 bernilai positif. Kedua kondisi baik internal maupun ekternal keduanya bernialai positif yang berarti bahwa posisi SD Al-Syukro Universal dalam persaingan bisnisnya berada pada kondisi prospektif (kuadran I) dari Matrik kondisi. Hal ini berarti organisasi berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. (2) Hasil dari scoring analisa SWOT menggambarkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I (Prospektif) yang berarti strategi yang dijalankan adalah dengan menggunakan Strategi S-O(Strength-Opportunity) yaitu:mengoptimalkan program pemasaran secara langsung dan tidak langsung, menjaga kualitas program pendidikan, mengoptimalkan jaringan networking dalam pemasaran, dan berperan aktif dalam keikutsertaan sekolah pada kegiatan dinas pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.