PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DONATUR PADA YAYASAN YATIM INDONESIA CABANG GRAHA RAYA BINTARO

Authors

  • Ugeng Budi Haryoko Universitas Pamulang
  • Rahma Dina Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2828

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Loyalitas Donatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas donator (studi kasus pada Yayasan Sahabat Yatim Indonesia cabang Graha Raya Bintaro)

Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara dan observasi langsung. Metode analisis yang digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji koefisien regresi sederhana, uji koefisien determinasi, uji signifikansi (uji t). Populasi yang digunakan berjumlah 9586 responden dan sampelnya sejumlah 100 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koefisien korelasi didapatkan hasil sebesar 0,280, artinya ada pengaruh yang Rendah antara Kualitas Pelayanan (Variabel X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Variabel Y). Dan jika  di lihat dari Analisis Koefisien Determinasi didapat hasil 8% yang artinya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 8% terhadap loyalitas donator sedangkan 92% di pengaruhi oleh faktor lain yang memang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan jika di lihat dari Analisis Regresi Linier Sederhana Y = 22,415 + 0,215 X, serta hasil Uji Hipotesis mendapatkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 2,8855 > 1,6605 maka Ho di tolak dan Ha di terima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas donatur pada Yayasan Sahabat Yatim Indonesia Cabang Graha Raya Bintaro

Downloads

Published

2019-07-11