Pengaruh Brand ammbasador Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Allianz Cabang Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i2.28316Keywords:
brand ammbasador, brand image, dan keputusan pembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian Asuransi Allianz Cabang Pekanbaru. Pengambilan sampel sebanyak 93 nasabah pada tahun 2022. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dimana sampel mencakup seluruh populasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif sedangkan model analisis menggunakan regresi linier berganda. Pengolahan data dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 0,05. Pada saat yang sama, ditemukan bahwa brand ambassador dan citra produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai F hitung lebih tinggi dari nilai F tabel dan nilai signifikansi lebih rendah dari alpha 0,05. Koefisien determinasi (R-squared) sebesar 0,455 dan 45,5%, yang berarti bahwa variabel X1 (brand ambassador) dan X2 (citra merek) berpengaruh terhadap variabel Y (keputusan pembelian) secara bersamaan.References
Faradasya, C. I., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus E-Commerce Shopee). E-Proceeding of Management, 8(2), 865–873.
Gita Devi, & Setyorini (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.Co.Id. Jurnal Universitas Telkom(3),8-1
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 103–113. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lestari, H., Sunarti, & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh brand ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei online pada konsumen Innisfree di Indonesia dan China). Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1), 67–78.
Misri, & Sasmita, Y. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Handphone Oppo ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi ). Jurnal Universitas Islam Sumatera Utara Medan, 58–66.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (pada era media sosial). Bandung: CV
R. Rezky Kun A. dan Z. Syahrida Sholeha S. Asuransi Syariah.Yogyakarta:
Parama Publishing, 2016. Rambat lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba empat. Jakarta. 2001.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian (Untuk Guru, Karyawan, dan peneliti pemula). Bandung: Alfabeta, 2010.
Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24200
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Susanti, R. (2018). "Baru 17 Persen Penduduk Indonesia Yang Miliki Asuransi". Kompas. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/17/200454426/baru-17-persen-penduduk-indonesia-yang-miliki-asuransi. (Diakses 18 Mei 2020)
Sugiyono. (2017). Uji Normalitas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.