ANALISA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PUPUK ORGANIK BENTOMYTE PADA UD BETJIK MULYO DI KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Muhamad Restu Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2832

Keywords:

Kualitas, Packaging, Harga, Loyalitas konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada UD. Betjik Mulyo yang berada di Kabupaten Kudus dengan mengambil judul ANALISA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PUPUK ORGANIK BENTOMYTE PADA UD BETJIK MULYO DI KABUPATEN KUDUS. Adapun tujuannya adalah untuk menganalisa bagaimana kualitas, packaging, harga dibandingkan dengan produk lain serta loyalitas konsumen dari produk pupuk organik Bentomyte ini. Penelitian dilakukan melalui pendekatan metode kualitatif dengan menitik beratkan kepada kegiatan observasi dan wawancara secara mendalam (depth interview). Metode analisis data yang digunakan adalah metode grounded research atau metode perbandingan tetap. Penelitian ini melibatkan 6 orang responden yaitu 4 orang konsumen pupuk organik bentomyte, 1 orang pemilik pupuk organik bentomyte dan 1 orang sebagai key responden dari dinas pertanian Kabupaten Kudus. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa pupuk organik bentomyte memiliki kualitas yang bagus, akan tetapi belum memiliki sertifikat uji mutu dan uji efektifitas dan uji edar dari kementerian pertanian. Kemasan atau packaging dari pupuk organik bentomyte sudah bagus akan tetapi kurang menarik. Harga pupuk organik bentomyte masih wajar dibandingkan dengan pupuk lain. Konsumen kurang loyal terhadap pupuk organik bentomyte.

Downloads

Published

2019-07-11