PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI PORTAL NETWORK SIX STORE Cabang DEPOK 2018

Authors

  • Wahyu Nurul Faroh unniversitas Pamulang
  • Defri Junaidi

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2833

Keywords:

Variasi produk dan Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian pada Portal Network cabang

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif kuantitatif, dimulai dari pengumpulan data, penafsiran data tersebut, serta penampilan dari hasil yang bersifat data, melalui penyebaran angket (kuesioner) yang berisi 10 pernyataan yang terkait dengan variable variasi produk (X) dan 10 pernyataan terkait dengan varibel keputusan pembelian (Y) yang disebarkan kepada 98 responden yang merupakan pelanggan toko bangunan portal network six store cabang Depok. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan beberapa tahapan pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, dan uji signifikan (uji t).

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara variasi produk terhadap keputusan pembelian yang ditunjukan oleh r sebesar 0,6458. Koefisien determinasi menunjukan bahwa pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian sebesar 41,71%, sedangkan sisanya sebesar 58,29% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Analisis regresi linier sederhana sebesar Y=31,7+0,5080 X. Sedangkan uji signifikan (uji t) yaitu nilai thitung > ttabel (8,2875>1,66088), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variasi produk terhadap keputusan pembelian pada Portal network six store cabang Depok

Downloads

Published

2019-07-11