ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN PELAYANAN PENDIDIKAN PADA SDIT BINA CENDEKIA – DEPOK

Authors

  • Munarsih Munarsih Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2835

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pelaksanaan pelayanan pendidikan yang tepat ditinjau dari segi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Teknik Analisa data yang digunakan adalah Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal sekolah dalam meningkatkan strategi pelaksanakan pelayanan pendidikan.

Analisis SWOT yang digunakan yakni pendekatan secara kualitatif penelitian kualitatif yang dipadukan dengan analisis deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif. Sedangkan penggunaan analisis deskriptif ditujukan agar bisa dilakukan penggalian tentang penggambaran obyek yang diteliti secara empiris, sehingga bisa diinformasikan fenomena riel dari obayek yang diteliti. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari kepala sekolah, guru, staff dan wali murid pada SDIT Bina Cendekia - Depok.

Analisis strategi pelaksanaan pelayanan pendidikan yang tepat bagi SDIT Bina Cendekia adalah meningkatkan strategi pelayanan program pembelajaran, strategi pelayanan manajemen, strategi pelayanan sarana dan prasarana. Hal ini akan berpengaruh dalam meningkatkan jumlah peserta didik pada tahun ajaran baru.

 

Downloads

Published

2019-07-11