Strategi Experiental Marketing Event Dalam Meningkatkan Brand Awereness (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Event In Store Produk Acaraki Golden Sparkling di AEON JGC)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.28480Keywords:
Strategi, Experiental Marketing, EventAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaaan, pelakasanaan dan evaluasi experiental marketing event pada event in store Acaraki Golden Sparkling dalam meningkatkan brand awareness.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumetasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perencanaan yang dicetuskan oleh Charles R Berger. Selain teori, peneliti juga menggunakan konsep strategi experiential marketing event dan bauran promosi (promotion mix).Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi experiential marketing event yang diterapkan cukup meningkatkan brand awareness produk Acaraki Golden Sparkling terlihat dari hasil observasi peneliti dan wawancara dengan informan, dimana promo/program yang diberikan kepada konsumen cukup diterima, selain itu terdapat kenaikan omzet sekitar 10-20%.
References
Aji, P. (2015). Manajemen Strategi Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Ekuilibria.
Didin Fatihudin & Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). In Ebooks. Deepublish.
Dowson, R. , & B. D. (2018). Event Planning and Management Principles, Planning and Practice (2nd ed). Kogan Page.
Fifnanda, Z. (2017). Strategi Experiential Marketing Di Amana Tour & Travel Yogyakarta Tahun 2016/2017. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta.
Firdaus, M. I. , & R. M. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kebutuhan Mencari Variasi, Dan Word Of Mouth Dalam Perilaku Brand Switching Pada Minuman Bersoda Coca-Cola Ke Big Cola. Diponegoro Journal Of Management, 4(1), 197–210.
Gifari Zakawali. (2022, July). Apa Itu Experiential Marketing? Ini Manfaatnya untuk Bisnis. Https://Store.Sirclo.Com/Blog/Pengertian-Experiential-Marketing/.
Haque-Fawzi, D. M. G. , I. D. A. S. , E. D. H. , & S. D. (2021). Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi (2n.d). Pascal Books.
Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–18.
Leahy, R. , F. P. , & B. H. (2022). Experiential Marketing Integrated Theory & Strategic Applications. SAGE Publication Inc.
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lestari, M. T. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi dan Mutual Understanding. . Kencana.
Martowinangun, K. , L. D. J. S. , & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Manajement, 1(2), 139–152.
Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91.
sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 2(2), 83–91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.