Strategi Experiental Marketing Event Dalam Meningkatkan Brand Awereness (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Event In Store Produk Acaraki Golden Sparkling di AEON JGC)

Authors

  • Puspa Layam Kalimusada Maridaren Magenda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rastri Kusumaningrum Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zainal Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.28480

Keywords:

Strategi, Experiental Marketing, Event

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaaan, pelakasanaan dan evaluasi experiental marketing event pada event in store Acaraki Golden Sparkling dalam meningkatkan brand awareness.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumetasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perencanaan yang dicetuskan oleh Charles R Berger. Selain teori, peneliti juga menggunakan konsep strategi experiential marketing event dan  bauran promosi (promotion mix).Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi experiential marketing event yang diterapkan cukup meningkatkan brand awareness produk Acaraki Golden Sparkling terlihat dari hasil observasi peneliti dan wawancara dengan informan, dimana promo/program yang diberikan kepada konsumen cukup diterima, selain itu terdapat kenaikan omzet sekitar 10-20%.

Author Biographies

Puspa Layam Kalimusada Maridaren Magenda, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitass Singaperbangsa Karawang

Rastri Kusumaningrum, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakulitas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Singaperbangsa Karawnag

Zainal Abidin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakulitas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Singaperbangsa Karawnag

References

Aji, P. (2015). Manajemen Strategi Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Ekuilibria.

Didin Fatihudin & Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). In Ebooks. Deepublish.

Dowson, R. , & B. D. (2018). Event Planning and Management Principles, Planning and Practice (2nd ed). Kogan Page.

Fifnanda, Z. (2017). Strategi Experiential Marketing Di Amana Tour & Travel Yogyakarta Tahun 2016/2017. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta.

Firdaus, M. I. , & R. M. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kebutuhan Mencari Variasi, Dan Word Of Mouth Dalam Perilaku Brand Switching Pada Minuman Bersoda Coca-Cola Ke Big Cola. Diponegoro Journal Of Management, 4(1), 197–210.

Gifari Zakawali. (2022, July). Apa Itu Experiential Marketing? Ini Manfaatnya untuk Bisnis. Https://Store.Sirclo.Com/Blog/Pengertian-Experiential-Marketing/.

Haque-Fawzi, D. M. G. , I. D. A. S. , E. D. H. , & S. D. (2021). Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi (2n.d). Pascal Books.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–18.

Leahy, R. , F. P. , & B. H. (2022). Experiential Marketing Integrated Theory & Strategic Applications. SAGE Publication Inc.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lestari, M. T. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi dan Mutual Understanding. . Kencana.

Martowinangun, K. , L. D. J. S. , & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Manajement, 1(2), 139–152.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91.

sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 2(2), 83–91.

Downloads

Published

2023-10-01