Peran E-Marketing untuk Meningkatkan Minat Beli Pelanggan pada Produk Informa Living World Alam Sutra Tangerang Selatan

Authors

  • Kris Dipayanti Universitas Pamulang
  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang
  • Nufzatut saniah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i3.29039

Keywords:

E-Marketing, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran E-Marketing untuk meningkatkan minat beli pelanggan pada produk informaliving world alam sutra tangerang selatan. Metode yang digunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner kepada responden. Metode Analisis Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 26. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara  E-Marketing terhadap minat beli dengan diperoleh persamaan regresi Y = Y = 9,118 + 0,818 X dapat diartikan bahwa apabila nanti E-Marketing bertambah 1, maka nilai rata – rata Minat Beli tiap bulan akan bertambah sebesar 0,818 atau setiap nilai E-Marketing bertambah 10, maka nilai rata – rata Minat Beli tiap bulan bertambah pula sebesar 8,18. nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,784 dan sesuai dengan ketentuan maka dapat disimpulkan bahwa E-Marketing (X) memiliki tingkat kekuatan pengaruh yang kuat terhadap minat beli (Y) dan koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 0,615. Hal ini berarti 61,5%% pengaruh E-Marketing terhadap minat beli sedangkan sisanya 38,5 %  dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung>t tabel (12,390 > 1,661), untuk itu H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,000< 0,1 secara parsial antara E-Marketing terhadap Minat Beli.

This study aims to determine the role of E-Marketing in increasing customer buying interest in Informaliving World Alam Sutra Tangerang Selatan products. The method used is associative research method with a quantitative approach. The sample in this study amounted to 98 respondents. Data collection techniques were carried out through observation and the distribution of questionnaires to respondents. The data analysis method used for this research is the validity test, reliability test, correlation coefficient test, simple linear regression test, coefficient of determination test, and Hypothesis t-test using SPSS 26 calculations. Research results there is a positive and significant effect between E-Marketing on buying interest by obtaining the regression equation    Y = 9.118 + 0.818 X. This can be interpreted that if later E-Marketing increases by 1, then the average Purchase Intention value each month will increase by 0.818 or for each E-Marketing value increases by 10, then the average Purchase Intention value each month will also increase by 8.18. the correlation coefficient (R) is 0.784 and according to the provisions, it can be concluded that E-Marketing (X) has a strong level of influence on purchase intention (Y) and the coefficient of determination (R Square) obtained is 0.615. This means that 61.5% of the influence of E-Marketing on purchase intention while the remaining 38.5% is influenced by other variables not examined. The hypothesis test obtained by the value of t count>t table (12.390 > 1.661), for that H0 is rejected and H1 is accepted, this shows that there is a positive and significant effect of 0.

References

Andi Supangat. (2015). Statistika Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Bandung: Penerbit Pustaka

Baidow (2021). Pengaruh Strategi E-Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Kompetitif, Vol. 10, No. 1, hal. 29 – 36, Edisi Januari 2021 p-ISSN 2302-4585; e-ISSN 2721-3765

Eko Sasono, (2022). Pengaruh E-Marketing terhadap Volume Penjualan Umkm Kerupuk Usek Di Kelurahan Kasepuhan Kabupaten Batang.JURNAL STIE SEMARANG VOL 14 No 2Edisi Juni 2022 ISSN: 2085-5656, e-ISSN :2252-7826 .

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2.Universitas Diponegoro Semarang.

Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Imam, Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Spss. Semarang: Badan Penebit Undip

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Malhotra. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2, Erlangga

Putri Dewi Ikhsana , Guntur F Prisanto , Rosita Anggraini (2019). Penerapan Strategi E-Marketing Communication dan Ekuitas MerekSiaranku.com Terhadap Loyalitas Viewers. Jurnal Komunikasi Vol 4, No 1,Th 2019, 58-74P-ISSN: 25483749 E-ISSN: 26154420

Riduwan. (2012). Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap Spss Versi 23. Elex Media Komputindo.

Sugiono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Ketiga. Caps. Yogyakarta.

Tjiptono, F, & Chandra, G. (2016). Service, Quality, Dan Satisfaction. Andi Offset

Downloads

Published

2023-06-01