Efektivitas Pemberian Diskon saat Tiktok Live Shopping Produsen Produk Makanan Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.29202Keywords:
Diskon, Tiktok, Shopping, Makanan TradisionalAbstract
Analisis terhadap pemberian diberbagai usaha skala besar sudah cukup banyak dilakukan. Sedangkan analisis terhadap pemberian diskon dengan menggunakan platform digital saat live shopping untuk produk makanan tradisional masih belum banyak tulisan yang membahas. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas pemberian diskon saat tiktok live shopping produsen produk makanan tradisional. Data dikumpulkan dengan menggunakan cara melakukan observasi terhadap kegiatan live shopping makanan tradisional rajangemil. Serta melakukan penelusuran diberbagai situs resmi populer. Selain itu data penelitian juga diperoleh dari berbagai publikasi ilmiah dan hasil penelitian terdahulu serta publikasi resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situasi live streaming yang memberikan diskon dan tidak memberikan diskon cukup berbeda. Perbedaan tersebut terlihat pada jumlah penonton dan pembeli yang menonton live-nya. Ketika diskon tersebut dikeluarkan, banyak penonton yang tertarik untuk melakukan transaksi belanja di toko mereka karena potongan harganya yang cukup besar. Tetapi, ketika mereka hanya melakukan live tanpa memberikan diskon, penonton live mereka lebih sepi daripada saat diberikan diskon. Pemberian diskon ini juga berdampak pada penjualannya, karena banyak pelanggan yang lebih memilih menunggu berbelanja ketika ada diskon di live shopping. Sehingga strategi pemberian diskon ini digunakan oleh rajangemil untuk meningkatkan promosi produk seta penjualan mereka. Penelitian ini menyarankan kepada rajangemil untuk melakukan kegiatan temu konsumen dalam rangka meningkatkan ikatan emosional untuk membangun loyalitas konsumen.
References
Aji, Wisnu Nugroho, dan Dwi Bambang Putut Setiyadi. 2020. “Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra.†Metafora: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra 6(1):147–57.
Aryatinigrum, Salsabila Wulandari, dan Athiyyah Isna Insyirah. 2020. “Pengaruh pemberian price discount terhadap loyalitas konsumen pada pengguna online marketplace.†Jurnal Ilmu Manajemen 8(3):946–53.
ASTUTI, YUNI. 2018. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WAROENG KAMPOENG TOA KABUPATEN BANTAENG.â€
Curatman, Aang, dan Agus Suroso. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. Deepublish.
Dewi, Adhita Maharani. 2022. “Optimalisasi Aplikasi E-Commerce Shopee Food Sebagai Media Pemasaran Umkm Di Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 16(2):77–86.
Djunaidi, Samuel J. Daniel. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pizza Hut/Samuel J. Daniel Djunaidi/78160433/Pembimbing: Tumpal JR Sitinjak.â€
Erwin Permana, Bambang Poerwoko, Sri Widyastuti, W. R. (2019). Digital Capability and Innovation Strategy to Develop the Performance and Competitive Advantages of Fashion Smes in Jakarta, Indonesia. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 7(11), 5–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20431/2349-0349.0711002
Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan oleh Sales Marketing Pada PT Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 105-110.
Hudha, Afiful Iswantoro. 2021. “KETERJANGKAUAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM LIVE STREAMING SHOPPING UNTUK MENCIPTAKAN MINAT PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE.†universitas muhamadiyah surakarta.
https://influencermarketinghub.com/live-shopping-tiktok/, Diakses 13 Maret 2023.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Mudawisika, Kukuh. 2022. “Implementasi Marketing Public Relations dalam Live Shopping Instagram Geggo Women.†Hlm. 114–20 dalam Bandung Conference Series: Public Relations. Vol. 2.
Permana, E., Santoso, R., Murdani, & Purwoko, B. (2022). Building Culinary Business Performance during the Covid-19 Pandemic: Transformational Leadership as a Trigger through Digital Capabilities. Journal of Culinary Science and Technology. https://doi.org/10.1080/15428052.2022.2040679
Putri, N. A., Permana, E., & Subhan, M. N. (2021). Strategi Pemasaran bisnis makanan tradisional Tiwul sebagai Destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3). https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10102
Rahmat, Rani, Anantawikrama Tungga Atmadja, Ak SE, Ni Luh Gede Erni Sulindawati, dan M. SE Ak. 2017. “Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat, Infaq,Shadaqah,(Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Buleleng).†JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha 7(1).
RY, Novie Noordiana, dan Wilsna Rupilu. 2020. Manajemen UMKM Bagi Wanita. Pustaka Abadi.
Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Jauhara Dian Nurul Iffah, Asri Widiatsih, Edy Setiyo Utomo, Ifdlolul Maghfur, dan Marinda Sari Sofiyana. 2022. Metode penelitian kualitatif. UNISMA PRESS.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sukrianto, Darmanta, Arief Gunawan, dan Dwi Oktarina. 2022. “Implementasi Sistem Informasi Penjualan pada Pet Shop Mulya PS.†Jurnal Intra Tech 6(1):50–62.
Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan oleh Sales Marketing Pada PT Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 105-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.