Pengaruh Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Sociolla
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i2.30185Keywords:
Konsep Diri, Kepercayaan Diri, Keputusan Pembelian, SociollaAbstract
Keinginan untuk tampil sempurna mendorong individu untuk selalu menampilkan aspek terbaik dari diri mereka, yang pada gilirannya meningkatkan minat untuk menggunakan produk kecantikan. Pengambilan keputusan dalam pembelian produk kecantikan berkaitan erat dengan konsep diri dan kepercayaan diri seseorang. Individu dengan konsep diri negatif cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri secara individu maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Sociolla. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan melibatkan 112 pelanggan Sociolla yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa skala konsep diri, kepercayaan diri, dan keputusan pembelian yang didistribusikan kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu, konsep diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (sig. 0,271, p>0,05), sementara kepercayaan diri memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian (sig. 0,003, p<0,05), dan secara bersama-sama, konsep diri dan kepercayaan diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Sociolla (sig. 0,000, p<0,05).References
Amalia, R. (2017). Pengaruh Kepribadian, Gaya Hidup dan Konsep Diri terhadap Keputusan Pembelian Online di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Anindhitha, T. Y., & Yustikasari. (2021). Program Brand Ambassador #Sociofellas Melalui Akun Instagram @sociolla. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2299–2310.
Anwar, I. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(12), 1–15.
Arifa, E., & Guspa, A. (2022). Kontribusi Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Skincare Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 702-707.
Ariyanto, F. (2013). Pengaruh Dimensi-Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 496-508.
Assael, Henry. (2002). Consumer Behavior and Marketing Action. Boston: PWS-Kent Publishing Company
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
Coyne, S. M., Padilla-Walker, L. M., & Howard, E. (2013). Emerging in a digital world: a decade review of media use, effects, and gratifications in emerging adulthood. Emerging Adulthood, 1(2), 125–137. https://doi.org/10.1177/2167696813479782
Darmawan, A. H. (2017). Pengaruh kepercayaan diri terhadap keputusan pembelian produk fashion di distro pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Farasila, I., & Pradekso, T. (2020). Hubungan Terpaan Iklan Pada Akun Instagram @sociolla dan Terpaan Online Customer Review Pada Sociolla Connect dengan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Sociolla. Jurnal Interaksi Online, 8(4), 133–141. https://www.kemenperin.go.id/artikel/214
Fatimah, S., Rosliana, L., & Sulistiani, N. W. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Konsep Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Coffeshop di Samarinda. Jurnal Motivasi, 1(1), 2–8.
Ferrinadewi, E. (2016). Pengaruh nilai-nilai hedonis dan konsep diri terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada loyalitas merek di Surabaya (studi pada pembelian barang mewah). E-Jurnal Manajemen KINERJA, Universitas Narotama, Surabaya, 2(02), 331-336.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.
Grogan, S. (2017). Body image: understanding body dissatisfaction in men, women and children (3rd ed.). New York: Routledge.
Handayani, S. A. D. P., & Indrawati, K. R. (2020). Peran konsep diri dan konformitas terhadap keputusan pembelian make up pada mahasiswa perempuan. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 25-34.
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/ Green Product dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44.
Hurlock, E. (2014). Psikologi perkembangan (5th ed.). Erlangga.
Kaushik, N., Vijayasimha, M., Singh, V., & Jha, R. K. (2019). Impact of cosmetics and self-confidence level among women. March 2020, 7-10
Khasanah, D. P. (2021). Penggunaan Kosmetik Terhadap Meningkatnya Kepercayaan Diri Dan Konsep Diri Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang).
Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(2), 1251–1259.
Maria, U. (2007). Peran Persepsi Keharmonisan Keluarga dan Konsep Diri terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja.Tesis.Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Nugroho, S. (2005). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media.
Ni’mah, U., & Rohmatun, R. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Otoritatif Dengan Citra Diri Pada Mahasiswi Yang Melakukan Perawatan Wajah Di Klinik Kecantikan. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 12(2), 69-78.
Octaviani, C., & Kartasasmita, D. S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik Pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77-84.
Rengganis, N., & Yusuf, M. (2016). Hubungan antara Stereotip Daya Tarik Fisik dan Kesepian dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Wacana, 8(1).
Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 165–182. http://e-journal.ukanjuruhan.ac.id
Syahilah, N. A. (2022). Makna Make Up Bagi Siswi SMK Tritech Indonesia Dalam Meningkatkan Kepercayaan. UMSU Repository
Padmi, A. U. H., & Susilarini, T. (2023). Hubungan Antara Kebersyukuran Dan Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Siswa Kelas X Di SMK Tirta Sari Surya. Psikologi Kreatif Inovatif, 3(2), 34-42.
Tanjung, H., Tanjung, I. S., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lazada. Jurnal AKMAMI (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi), 3(2), 390–396.
Thalib, S. B. (2017). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Prenada Media.
Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144-1151.
Zania, V. (2021). Pengaruh Promosi “11.11 WonderSale†Sociolla Terhadap Keputusan Pembelian Makeup di Era Pandemi (Survei Pada Followers Instagram Sociolla). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Universitas Pamulang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.