Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word of Mouth ( E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Pulau Maitara Desa Maitara Utara

Authors

  • Sukarsi Ajid Universitas Khairun Ternate
  • Sulfi Abdul Haji Universitas Khairun Ternate
  • Ibnu Sina Hi Yusuf Universitas Khairun Ternate

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.30227

Keywords:

Citra Destinasi, Elecronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi dan electronic word of mouth (E-wom) terhadap keputusan berkunjung ke wisata Pulau Maitara Desa Maitara Utara. populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung di wisata Pulau Miatara, Desa Maitara Utara. Dengan metode penelitian kuantitatif. Jumlah Sampel yang digunakan sebanyak 108 responden. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan IMB SPSS Version 29. Hasil analisis data penelitian ini menunjukan bahwa variabel  citra destinasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung (Y). Sedangkan pada variabel electronic word of mouth (E-Wom) (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y). Secara simultan ditemukan bahwa variabel citra destinasi (X1) dan electronic word of mouth (X2) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y).

 

References

Ghozali,..Imam. (2016). Aplikasi..Analisis Multivariete..Dengan Program..IBM SPSS..23 (Edisi..8). Cetakan..ke VIII...Semarang :..Badan..Penerbit Universitas..Diponegoro.

Hapsari, Nurul Retno. Lubis, N. W. (2014). Pengaruh Atribut Produk Wisata Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(024), 11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/6556

Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2017). Analisis Faktor Elektronik Word of Mouth (Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1049. https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.5515

Illah, A. N., Sularso, R. A., Irawan, B., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Citra Destinasi dan E-WoM di Media Sosial Instagram serta Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata B29 di Kabupaten Lumajang (Effect of Destination Image, E-WoM in Social Media Instagram and Consumer Perception on Decision to Visit Object of B29 in Lumajang Regency). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 164–170.

Isa, S. M., & Ramli, L. (2014). Factors influencing tourist visitation in marine tourism: Lessons learned from FRI Aquarium Penang, Malaysia. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, 8(1), 103–117. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-04-2013-0016

Jeong, E. H., & Jang, S. C. S. (2011). Restaurant experiences triggering positive electronic word-of-mouth (eWOM) motivations. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.08.005

Kotler & Keller (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta, Erlangga.

Kotler,..Philip. (2005). Manajemen..Pemasaran. Jilid..1 dan..2. Jakarta..: PT Indeks..Kelompok..Gramedia.

Priyanto, R., Widiartono, & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Produk Wisata, Destination Image, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus pada Pengunjung Objek Wisata Goa Kreo Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 217–226.

Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran..Terpadu Pada..Era Media..Sosial. Bandung:..CV..Pustaka Setia.

Lopes, F., & Dominique, S. (2011). Destination image: Origins, Developments and Implications. PASOS. Revista de Turismo y Patrimonio Cultural, 9(2), 305–3015.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Santoso,..Singgih. (2012). Panduan..Lengkap SPSS..Versi 20...Jakarta: PT..Elex Media..Komputindo.

Sucipto, T. & Limbeng, J. (2007). Studi Tentang Religi Masyarakat Badui di Desa Kanekes Provinsi Banten. Jakarta; Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film.

Sugiyono...(2013). Metode..Penelitian Kuantitatif,..Kualitatif dan..R&D...Bandung: Alfabeta.CV.

Suwarduki, Ratnaningrum P, Yulianto E, & Mawardi M (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat dan Keputusan Berkunjung (Survey Pada Followers Aktif Instagram Intravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 37. No 2.

Sugiyono,..(2007). Metodologi..Penelitian Bisnis,..PT...Gramedia,..Jakarta.

Sugiyono...(2014). Metode..Penelitian Kuantitatif,..Kualitatif dan..R&D...Bandung: Alfabeta.

Sulistyadi, K., Ramli, S., & Uddin, S. (2021). Factors Influencing MCI Preparedness of Paramedic in XYZ Industrial City. ADI Journal on Recent Innovation (AJRI), 2(2), 223–231. https://doi.org/10.34306/ajri.v2i2.24

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Supriyanto., A. S. & Maharani, V. (2013). Metode..Penelitian Sumber..Daya Manusia.Teori,..Kuisioner, dan..Analisis Data...Malang:.UIN-Malang..Press.

Swastha..dan T...Hani Handoko,.(2000), Manajemen..Pemasaran (Analisa Perilaku..Konsumen),..Yogyakarta :..BPFE..UGM.

Downloads

Published

2023-10-01