Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word of Mouth ( E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Pulau Maitara Desa Maitara Utara
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.30227Keywords:
Citra Destinasi, Elecronic Word of Mouth, Keputusan BerkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi dan electronic word of mouth (E-wom) terhadap keputusan berkunjung ke wisata Pulau Maitara Desa Maitara Utara. populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung di wisata Pulau Miatara, Desa Maitara Utara. Dengan metode penelitian kuantitatif. Jumlah Sampel yang digunakan sebanyak 108 responden. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan IMB SPSS Version 29. Hasil analisis data penelitian ini menunjukan bahwa variabel citra destinasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung (Y). Sedangkan pada variabel electronic word of mouth (E-Wom) (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y). Secara simultan ditemukan bahwa variabel citra destinasi (X1) dan electronic word of mouth (X2) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y).
References
Ghozali,..Imam. (2016). Aplikasi..Analisis Multivariete..Dengan Program..IBM SPSS..23 (Edisi..8). Cetakan..ke VIII...Semarang :..Badan..Penerbit Universitas..Diponegoro.
Hapsari, Nurul Retno. Lubis, N. W. (2014). Pengaruh Atribut Produk Wisata Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(024), 11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/6556
Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2017). Analisis Faktor Elektronik Word of Mouth (Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1049. https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.5515
Illah, A. N., Sularso, R. A., Irawan, B., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Citra Destinasi dan E-WoM di Media Sosial Instagram serta Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata B29 di Kabupaten Lumajang (Effect of Destination Image, E-WoM in Social Media Instagram and Consumer Perception on Decision to Visit Object of B29 in Lumajang Regency). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 164–170.
Isa, S. M., & Ramli, L. (2014). Factors influencing tourist visitation in marine tourism: Lessons learned from FRI Aquarium Penang, Malaysia. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, 8(1), 103–117. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-04-2013-0016
Jeong, E. H., & Jang, S. C. S. (2011). Restaurant experiences triggering positive electronic word-of-mouth (eWOM) motivations. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.08.005
Kotler & Keller (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta, Erlangga.
Kotler,..Philip. (2005). Manajemen..Pemasaran. Jilid..1 dan..2. Jakarta..: PT Indeks..Kelompok..Gramedia.
Priyanto, R., Widiartono, & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Produk Wisata, Destination Image, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus pada Pengunjung Objek Wisata Goa Kreo Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 217–226.
Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran..Terpadu Pada..Era Media..Sosial. Bandung:..CV..Pustaka Setia.
Lopes, F., & Dominique, S. (2011). Destination image: Origins, Developments and Implications. PASOS. Revista de Turismo y Patrimonio Cultural, 9(2), 305–3015.
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Santoso,..Singgih. (2012). Panduan..Lengkap SPSS..Versi 20...Jakarta: PT..Elex Media..Komputindo.
Sucipto, T. & Limbeng, J. (2007). Studi Tentang Religi Masyarakat Badui di Desa Kanekes Provinsi Banten. Jakarta; Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film.
Sugiyono...(2013). Metode..Penelitian Kuantitatif,..Kualitatif dan..R&D...Bandung: Alfabeta.CV.
Suwarduki, Ratnaningrum P, Yulianto E, & Mawardi M (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat dan Keputusan Berkunjung (Survey Pada Followers Aktif Instagram Intravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 37. No 2.
Sugiyono,..(2007). Metodologi..Penelitian Bisnis,..PT...Gramedia,..Jakarta.
Sugiyono...(2014). Metode..Penelitian Kuantitatif,..Kualitatif dan..R&D...Bandung: Alfabeta.
Sulistyadi, K., Ramli, S., & Uddin, S. (2021). Factors Influencing MCI Preparedness of Paramedic in XYZ Industrial City. ADI Journal on Recent Innovation (AJRI), 2(2), 223–231. https://doi.org/10.34306/ajri.v2i2.24
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Supriyanto., A. S. & Maharani, V. (2013). Metode..Penelitian Sumber..Daya Manusia.Teori,..Kuisioner, dan..Analisis Data...Malang:.UIN-Malang..Press.
Swastha..dan T...Hani Handoko,.(2000), Manajemen..Pemasaran (Analisa Perilaku..Konsumen),..Yogyakarta :..BPFE..UGM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.