Analisis Pengaruh Marketing Mix dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Mixue di Kota Batam

Authors

  • Lily Purwianti Universitas Internasional Batam
  • Isnaini Nuzula Agustin Universitas Internasional Batam
  • Dian Sabrina Syaharni Universitas Internasional Batam
  • Erika Gustian Fauzi Universitas Internasional Batam
  • Lydia Then Universitas Internasional Batam
  • Salsabilah Sirait Universitas Internasional Batam
  • Vannesa Flesya Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i3.30239

Keywords:

Brand Awareness, Marketing Mix, Purchase Intention

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti pengaruh dari marketing mix, e-wom serta brand awareness terhadap minat beli produk Mixue. Populasi dari penelitian Ini adalah masyarakat Kota Batam yang merupakan konsumen Mixue. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Data primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada product terhadap purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh signifikan pada price terhadap purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh signifikan pada place terhadap purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada e-wom terhadap purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada brand awareness terhadap purchase intention.

Author Biographies

Lily Purwianti, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

Isnaini Nuzula Agustin, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

Dian Sabrina Syaharni, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

Erika Gustian Fauzi, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

Lydia Then, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

Salsabilah Sirait, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

Vannesa Flesya, Universitas Internasional Batam

Bussines and Management

References

Ajijah, Jijah Hilyatul, and Evi Selvi. 2021. “Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa.†JESS (Journal of Education on Social Science) 5(1):24. doi: 10.24036/jess.v5i1.314.

Anisa, Nur Aini, and Andrik Gastri Widjatmiko. 2020. “Electronic Word of Mouth (E-Wom) , Celebrity Endorsement Dan Gaya Hidup Pada Minat Beli Produk Online Shop.†Jurnal Mitra Manajemen 4(10):1514–22. doi: 10.52160/ejmm.v4i10.480.

Annur, Cindy Mutia. 2022. “Mixue Punya Gerai Terbanyak Ke-5 Di Dunia, Burger King Kalah.†Databoks.

Bahri, Yurdha Devara Putra, and Siti Aminah. 2020. “PENGARUH E-WOM PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MS GLOW1.†Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 7(2):408–20.

Bakti, Umar, Hairudin, and Maria Septijantini Alie. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung.†Jurnal Ekonomi 22(1):101–18. doi: https://doi.org/10.37721/je.v22i1.633.

Cahya, Agus Dwi, Fransizka Ayu kristiani, Dewi Sari, Nova, and Niken Mayrenda. 2021. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Konveksi Ega Collection.†Ekonomi Dan Bisnis 19(1):113–26.

Desi Lestari, Erika, and Ce Gunawan. 2021. “Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli.†Jurnal Ekonomi , Manajemen, Bisnis, Dan Sosial 1(2):75.

Fai. 2022. “Metode Kuantitatif Adalah.†Universitas Muhammadiya Sumatera Utara.

Fenetta, Alexandra, and Keni Keni. 2020. “Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Purchase Intention: Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi.†Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan 4(6):270. doi: 10.24912/jmbk.v4i6.9792.

Guan, Lim Phui, Dayang Hasliza Muhd Yusuf, and Mohd Rosli Abdul Ghani. 2020. “Factors Influencing Customer Purchase Intention Towards Insurance Products.†International Journal of Business and Management 4(5):70–79. doi: 10.26666/rmp.ijbm.2020.5.9.

Hair, Joseph F., Willian C. Black Jr., Barry J. Babin, and Rolp E. Anderson. 2018. Multivariate Data Analysis.

Hasan, Golan. 2023. “Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorsement , EWOM , Brand Awareness Dan Social Media Communication Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna Smartphone Di Kota Batam.†4(December 2022):606–15.

Hermanto, and Angga Hapsila. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Fotocopy Anugrah Rengat.†Jurnal Ekobistek 9(1):93–99. doi: 10.35134/ekobistek.v9i1.51.

Kesumahati, Erilia, and Jecki. 2022. “Purchase Intention of Batam People Against Foreign Sellers in the Marketplace.†Business and Entrepreneurial Review 22(2):251–72. doi: 10.25105/ber.v22i2.14544.

Kuswibowo, Christian, and Aji Kresno Murti. 2021. “Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop.†Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik 5(1):53–61. doi: 10.30988/jmil.v5i1.726.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Luki Lukmanul Hakim, and Keni. 2019. “PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE DAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION.†Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan 8(5):55. doi: https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i3.7921.

Manalu, Vigory Gloriman, and Ilham Akbar. 2020. “ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT PEMBELIAN DAN KAITANYA DENGAN INISIASI ONE VILLAGE ONE PRODUCT DI KABUPATEN KUNINGAN.†DERIVATIF: Jurnal Manajemen 14(2):178–89.

Manik Megasari, Cindy, and Onan Siregar Marakali. 2022. “P-ISSN: 2827-9832 e-ISSN:2828-335x Available Online at Http:// Https://Ijsr.Internationaljournallabs.Com/Index.Php/Ijsr.†Journal Of Social Research 1(7):694–707.

Manumpil, Anggraini, Lisbeth Mananeke, and Reitty L. Samadi. 2021. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado.†Jurnal EMBA 9(3):1808–18.

Mawa, Sayyidati Fatihatul, and Iwan Fahri Cahyadi. 2021. “Pengaruh Harga, Online Customer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017).†BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 9(2):253. doi: 10.21043/bisnis.v9i2.11901.

Mulyandi, M. R., and Estika P. Sani. 2020. “Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia).†Jurnal IKRA-ITH Ekonomika 3(1):41–49.

Mulyati, Yofina, and Grace Gesitera. 2020. “Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang.†Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 9(2):173. doi: 10.30588/jmp.v9i2.538.

Nasirun, Noraini, Sarina Muhamad Noor, and Abdulsatar Sultan. 2019. “Role of Marketing Mix and Halal Certificate towards Purchase Intention of Agro Based Products The Study of Waqf Participation in Malaysia View Project.†International Journal (April).

Ningrat, A. A. Ayu Prabeng Ningrum Satyeng, and Ni Nyoman Kerti Yasa. 2019. “The Effect of Advertising and Celebrity Endorsement on Purchase Intention with Brand Awareness as Intervening Va ...†American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR) 3(10):221–31.

Panta, Nadia Saryta, Lena Ellitan, and Wahyudi Wibowo. 2022. “Influence of Fashion Involvement, Attitude, and Price, Toward Purchase Intention of Ethnic Weaving.†International Journal of Current Science Research and Review 05(02). doi: 10.47191/ijcsrr/v5-i2-16.

Paulino, Bernardine Margaret A., Rhaianne Rizza S. Peralta, Peter Uruel L. Pilar, Janiell Rose B. Regualos, Camille Patricia S. Villela, and Kathrine Camille A. Nagal. 2022. “Customer Perception and Purchase Intention on Alamid Coffee: A Marketing Analysis.†1–16.

Potoboda, Toshiko. 2020. “Riset: Perempuan Lebih Suka Makanan Manis Dibanding Laki-Laki.â€

Pratama, Regiana, Nunung Ayu Sofiati (Efi), and Yoyo Sudaryo. 2021. “Analisis Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Minat Beli Pada Factory Outlet Pt Blossom Mandiri Sejati Cabang Dago.†Jurnal Indonesia Membangun 20(03):208–28. doi: 10.56956/jim.v20i03.64.

Purwianti, Lily, and Tommy Ricarto. 2018. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Pengguna Smartphone Di Batam.†Jurnal Manajemen Maranatha 18(1):41–56. doi: 10.28932/jmm.v18i1.1095.

Purwianti, Lily, and Mehdar Badrus Zaman. 2017. “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Preferensi Merek, Dan Harga Dengan Citra Negara Asal Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Minat Pembelian Laptop Oleh Mahasiswa Di Kota Batam.†Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4(2):211–26. doi: 10.31843/jmbi.v4i2.119.

Putra, Idris Rusadi. 2014. “85 Persen Orang Indonesia Lebih Pilih Produk Murah.†Merdeka.Com. Retrieved (https://www.merdeka.com/uang/85-persen-orang-indonesia-lebih-pilih-produk-murah.html,).

Rahmawati, Rina. 2022. “The Impact of Social Media Marketing, E-WOM, And Brand Loyalty on The Millennial Purchase Intention.†IRE Journals Vol 5(7):184–93.

Rakib, Md Rakibul Hafiz Khan, Shah Alam Kabir Pramanik, Md Al Amran, Md Nurnobi Islam, and Md Omar Faruk Sarker. 2022. “Factors Affecting Young Customers’ Smartphone Purchase Intention during Covid-19 Pandemic.†Heliyon 8(9). doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e10599.

Rosmayanti, Melan. 2023. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Mixue.†Journal On Education 5(3):8126–37. doi: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600.

Salam, Fitri Yana, and Rafika Rahmawati. 2020. “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Media Communication Terhadap Minat Nasabah Memilih Bank Bri Syariah Kcp Cileungsi.†Paradigma 17(1):38–58. doi: 10.33558/paradigma.v17i1.2296.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sustiyatik, Enni, and Beni Agus Setiono. 2020. “Pengaruh Product, Price, Promotion, Dan Place Terhadap Loyalitas Konsumen.†Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan 10(1):75. doi: 10.30649/japk.v10i1.75.

Walidayni, Carissa Tibia, and Evy Rachmawati Chaldun. 2020. “The Influence of Attitude, Product, Price, Place, and Promotion on Indonesian Consumers’ Purchase Intention towards Healthy Dessert.†(Icib 2019):218–28. doi: 10.5220/0008429502180228.

Yulinda Salsabila, Anisah, and Rusdi Hidayat Nugroho. 2022. “Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kemasan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Tolak Angin Pada Masyarakat Desa Kesamben Kabupaten Tuban.†Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 4(6):1942–57. doi: 10.47467/alkharaj.v4i6.1463.

Downloads

Published

2023-06-15