Efektifitas Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kel. Siti Rejo
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i3.30742Keywords:
Efektifitas digital marketing, penjualan, UMKMAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif pengunaan digital marketing dalam meningkatkan penjualan pada UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deduktif dimana teori digunakan sebagai awal menjawab pertanyaan penelitian, dalam penelitian ini memberikan pandangan menurut penelitian terdahulu dengan menggunakan teori sebagai alat, ukuran dan instrument yang digunakan dalam membuktikan hipotesis. Pertanyaan yang disusun berdasarkan indikator dari variable yang diberikan, Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah UMKM yang bergerak dibidang kecantikan sebanyak 3 UMKM kel. Siti rejo II. Pada penelitian ini diketahui bahwa efektifitas dari pengunaan media sosial dalam peningkatan penjualan saat dikatakan memiliki kontribusi yang cukup baik, keaktifan pelaku usaha dalam mengunakan media sosialnya memiliki kontribusi. Penggunaan digital marketing menjadi strategi yang efektif dalam peningkatan penjualan. Pengunaan media sosial merupakan salah satu strategi untuk menarik minat konsumen serta menginformasikan kepada konsumen mengenai produk yang kita miliki.
This research was conducted to find out how effective the use of digital marketing is in increasing sales to MSMEs. This study uses a deductive qualitative research method where theory is used as a starting point for answering research questions, in this study providing views according to previous studies using theory as a tool, measure and instrument used in proving the hypothesis. The questions were prepared based on the indicators of the variables given. As for the research sample, there were 3 SMEs working in the beauty sector. Sitirejo II. In this study it is known that the effectiveness of using social media in increasing sales when it is said to have a fairly good contribution, the activeness of business actors in using social media has a contribution. The use of digital marketing is an effective strategy for increasing sales. The use of social media is a strategy to attract consumer interest and inform consumers about the products we have
References
Annie. (2019). Strategi Penjualan. Journal of Chemical Information And Modeling, 53, 14.
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 55–65. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.302
Audi, J., Pelaporan, M., Anak, P., Melalui, T. K., Aplikasi, P., Harmanto, B., Kristiana, D., & Ponorogo, U. M. (2018). 03 JA II (2) (2018). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud
Az-zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 77–88.
Compas Market Insight Report 1 Semester. (t.t.).
Dani Anggoro, Humisar Hasugian, & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384–391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345
Dini Yani, & Dexi Triadinda. (2022). Kajian Strategi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner: Tinjauan Pada Umkm Gonze Cianjur Jawa Barat Di Era New Normal. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 8(1), 16–27. https://doi.org/10.36805/manajemen.v8i1.2961
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
Dwiyono, P. (2018). Representasi Maskulinitas Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @Dailymanly). Universitas Muhammadiyah Malang, 51(1), 10–13.
Febri, F. Y., Permatasari, D., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p60-72
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Harjito, B., Apriyani, P., & Jannah, W. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “YAYANT†di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 11(1), 70. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.55176
Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13142
IQBAL, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 7(2), 83–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.609
Laksono, R., & Gultom, J. R. (2022). Penggunaan Digital Marketing Dan Poin of Sales (Pos) System Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Pada Umkm Warung Tegal Kharisma Bahari Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 1–10. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.383
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Manuharani, N. N., Kencanawati, A. A. A. M., & Narti, N. K. (t.t.). Perbandingan Efektivitas Digital Marketing Dengan Konvensional Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk UMKM (Studi Kasus: Kuta Metelu Herbal). 1–10.
Nurrahman, A., & Sulma, A. (2022). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Di Kelurahan Kadidi Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 99–115.
Pandemi, S., Studi, C., Umkm, K., Bungan, U. D., Wini, E. L., Wiranatha, A. A. P. A. S., & Satriawan, I. K. (2022). Beauty Product Marketing Through Digital Marketing During The Covid 19 Pandemic ( Case Study : Umkm Ud . Bungan Jepun ) Pemasaran Produk Kecantikan Melalui Digital Marketing Pada Pendahuluan Umkm Ud .
Pujasari Supratman, L., Telekomunikasi Nomor, J., & Barat, J. (t.t.). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native.
Putra Wicaksono, B. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Usaha Dan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Pelaku Umkm Di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. GastronomÃa ecuatoriana y turismo local., 1(69), 5–24.
Rifkhi, M., & Gunaedi Argo, J. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Kuliner Di Kecamatan Cibinong. 2(2), 1125–1138.
Rohimah, N. N. (2019). Efektifitas_Digititalisasi_Marketing_Para_Pelaku_U. Al-I’lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 1–14.
Sanjaya, A., Lisvia, L., Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 167. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741
Septi Haryani, D., Langgeng Ratnasari, S., Fauzar, S., Sekar Putri, A., Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang, P., & Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam, P. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Efektivitas Digital Marketing di Era New Normal pada UMKM di Tanjungpinang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 554–565.
Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial. 5(1), 124–133.
Solis. (2012). Indikator Influencer Marketing. Pengaruh Influencer Marketing Dan Marketplace Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Online Traveloka Eats.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sundawati, N. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa. Universitas Pasundan, 110(9), 1689–1699.
Suraatmaja, D. (2015). Pengaruh Penerapan Prosedur Penjualan Dan Manfaat Anggaran Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan. Jurnal Mitra Manajemen, 14.
Thaha, S., Hatidja, S., & Hasniati, H. (2021). Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.208
Widiastuti, T., Azzahra, F., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional Umkm Di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 67–69.
Worang, F. G., & Wenas, R. S. (2022). Digital Marketing Melalui Sosial Media Sebagai Strategy Pemasaran Umkm Di Kota Tomohon Digital Marketing Through Social Media As A Sme ’ S Marketing Strategy In Tomohon City Jurnal Emba. Jurnal Emba, 10(2), 1187–1194.
Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UKM Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.363
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.