Efektifitas Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kel. Siti Rejo

Authors

  • Sofia Maharani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Medan
  • Nazmah Nazmah Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i3.30742

Keywords:

Efektifitas digital marketing, penjualan, UMKM

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif pengunaan digital marketing dalam meningkatkan penjualan pada UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deduktif dimana teori digunakan sebagai awal menjawab pertanyaan penelitian, dalam penelitian ini memberikan pandangan menurut penelitian terdahulu dengan menggunakan teori sebagai alat, ukuran dan instrument yang digunakan dalam membuktikan hipotesis. Pertanyaan yang disusun berdasarkan indikator dari variable yang diberikan, Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah UMKM yang bergerak dibidang kecantikan sebanyak 3 UMKM kel. Siti rejo II. Pada penelitian ini diketahui bahwa efektifitas dari pengunaan media sosial dalam peningkatan penjualan saat dikatakan memiliki kontribusi yang cukup baik, keaktifan pelaku usaha dalam mengunakan media sosialnya memiliki kontribusi. Penggunaan digital marketing menjadi strategi yang efektif dalam peningkatan penjualan. Pengunaan media sosial merupakan salah satu strategi untuk menarik minat konsumen serta menginformasikan kepada konsumen mengenai produk yang kita miliki.

This research was conducted to find out how effective the use of digital marketing is in increasing sales to MSMEs. This study uses a deductive qualitative research method where theory is used as a starting point for answering research questions, in this study providing views according to previous studies using theory as a tool, measure and instrument used in proving the hypothesis. The questions were prepared based on the indicators of the variables given. As for the research sample, there were 3 SMEs working in the beauty sector. Sitirejo II. In this study it is known that the effectiveness of using social media in increasing sales when it is said to have a fairly good contribution, the activeness of business actors in using social media has a contribution. The use of digital marketing is an effective strategy for increasing sales. The use of social media is a strategy to attract consumer interest and inform consumers about the products we have

References

Annie. (2019). Strategi Penjualan. Journal of Chemical Information And Modeling, 53, 14.

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 55–65. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.302

Audi, J., Pelaporan, M., Anak, P., Melalui, T. K., Aplikasi, P., Harmanto, B., Kristiana, D., & Ponorogo, U. M. (2018). 03 JA II (2) (2018). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud

Az-zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 77–88.

Compas Market Insight Report 1 Semester. (t.t.).

Dani Anggoro, Humisar Hasugian, & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384–391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345

Dini Yani, & Dexi Triadinda. (2022). Kajian Strategi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner: Tinjauan Pada Umkm Gonze Cianjur Jawa Barat Di Era New Normal. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 8(1), 16–27. https://doi.org/10.36805/manajemen.v8i1.2961

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408

Dwiyono, P. (2018). Representasi Maskulinitas Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @Dailymanly). Universitas Muhammadiyah Malang, 51(1), 10–13.

Febri, F. Y., Permatasari, D., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p60-72

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Harjito, B., Apriyani, P., & Jannah, W. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “YAYANT†di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 11(1), 70. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.55176

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13142

IQBAL, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 7(2), 83–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.609

Laksono, R., & Gultom, J. R. (2022). Penggunaan Digital Marketing Dan Poin of Sales (Pos) System Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Pada Umkm Warung Tegal Kharisma Bahari Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 1–10. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.383

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Manuharani, N. N., Kencanawati, A. A. A. M., & Narti, N. K. (t.t.). Perbandingan Efektivitas Digital Marketing Dengan Konvensional Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk UMKM (Studi Kasus: Kuta Metelu Herbal). 1–10.

Nurrahman, A., & Sulma, A. (2022). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Di Kelurahan Kadidi Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 99–115.

Pandemi, S., Studi, C., Umkm, K., Bungan, U. D., Wini, E. L., Wiranatha, A. A. P. A. S., & Satriawan, I. K. (2022). Beauty Product Marketing Through Digital Marketing During The Covid 19 Pandemic ( Case Study : Umkm Ud . Bungan Jepun ) Pemasaran Produk Kecantikan Melalui Digital Marketing Pada Pendahuluan Umkm Ud .

Pujasari Supratman, L., Telekomunikasi Nomor, J., & Barat, J. (t.t.). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native.

Putra Wicaksono, B. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Usaha Dan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Pelaku Umkm Di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Gastronomía ecuatoriana y turismo local., 1(69), 5–24.

Rifkhi, M., & Gunaedi Argo, J. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Kuliner Di Kecamatan Cibinong. 2(2), 1125–1138.

Rohimah, N. N. (2019). Efektifitas_Digititalisasi_Marketing_Para_Pelaku_U. Al-I’lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 1–14.

Sanjaya, A., Lisvia, L., Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 167. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741

Septi Haryani, D., Langgeng Ratnasari, S., Fauzar, S., Sekar Putri, A., Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang, P., & Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam, P. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Efektivitas Digital Marketing di Era New Normal pada UMKM di Tanjungpinang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 554–565.

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial. 5(1), 124–133.

Solis. (2012). Indikator Influencer Marketing. Pengaruh Influencer Marketing Dan Marketplace Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Online Traveloka Eats.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sundawati, N. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa. Universitas Pasundan, 110(9), 1689–1699.

Suraatmaja, D. (2015). Pengaruh Penerapan Prosedur Penjualan Dan Manfaat Anggaran Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan. Jurnal Mitra Manajemen, 14.

Thaha, S., Hatidja, S., & Hasniati, H. (2021). Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.208

Widiastuti, T., Azzahra, F., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional Umkm Di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 67–69.

Worang, F. G., & Wenas, R. S. (2022). Digital Marketing Melalui Sosial Media Sebagai Strategy Pemasaran Umkm Di Kota Tomohon Digital Marketing Through Social Media As A Sme ’ S Marketing Strategy In Tomohon City Jurnal Emba. Jurnal Emba, 10(2), 1187–1194.

Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UKM Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.363

Downloads

Published

2023-06-01