Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Shopee PayLater Di Kota Depok

Authors

  • Chika Cahyani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Isnurrini Hidayat Susilowati Universitas BIna Sarana Informatika
  • Wiwik Widiyanti Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i1.33386

Keywords:

Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Shopee adalah marketplace jual beli online yang diminati masyarakat. Fitur Shopee PayLater merupakan layanan pinjaman onine tanpa kartu kredit yang memungkinkan konsumen membayar transaksi di kemudian hari, baik dengan mencicil atau sekali bayar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 100 responden. Data yang digunakan penelitian ini adalah data primer yang merupakan data diperoleh langsung dari responden dengan penyebaran kuesioner. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee PayLater di Kota Depok. Variabel Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee PayLater di Kota Depok. Variabel keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee PayLater di Kota Depok. Hasil uji regresi linear berganda melalui uji F variabel kepercayaan, kemudahan, dan keamanan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee PayLater di Kota Depok.

References

Adhitya, W. R. (2019). Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Melalui Harga, Produk, Kemudahan dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating di Komplek Johor Indah Permai II Medan. JMB: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(`1), 1–11.

Arifin, M. J. (2021). Strategi Islamic Branding Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(1), 67–83. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/

Ariliusra, A., & Games, D. (2020). Analisis Pengaruh Learning Behavior From Failure Terhadap Subjective Wellbeing Dimediasi Oleh Organizational Crisis Preparedness pada UKM di Sumatera Barat. Menara Ilmu, XIV(02), 10–19. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/index

Atmaja, H. S., & Achsa, A. (2022). Analisis Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop. Jurnal Mirai Management, 7(1), 400–409. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2167%0Ahttps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/2167/1430

Fakhrudin, A. (2022). Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah Penerbangan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 110–121. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i1.577

Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pada Pt Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 47, 44–52. https://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/JEMA/article/view/354

Febby Andriani, Enny Arita, A. A. (2022). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 01(01), 124–137. https://www.jurnal.unidha.ac.id/index.php/JPPISB/article/download/500/303

Gemina, D., Silaningsih, E., & Kartika, K. (2021). Keputusan Pembelian Online Produk Bukalapak. Com Dengan Pendekatan Kepercayaan Konsumen, Keamanan Dan Persepsi Risiko (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Bogor. 15(6), 4655–4668.

Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164

Saripudin, S., & Faihaputri, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Di E-Commerce Jd.Id). Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 1200–1210. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2765

Steven. (2019). Pengaruh Faktor Latar Belakang Terhadap Minat Beli Kosmetik Pada Laki-Laki. Skripsi, 14–23.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Supriyatna, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Sains Manajemen, 6(1), 36–50. https://doi.org/10.30656/sm.v6i1.2097

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502

Vladimir, V. F. (2019). Defenisi Kepercayaan Konsumen. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Downloads

Published

2023-10-01