Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Sale Pisang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3600Keywords:
nilai tambah, strategi pemasaran, industri rumah tangga.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa manfaat buah pisang sebagai nilai tambah di industry sari murni kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap Jawa Tengah. selain itu juga untuk mengetahui rancangan staretegi pemasaran sale pisang pada industry rumah tangga sari murni di kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis, menggunakan analisa Nilai tambah metode hayami dan analisa SWOT. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.
Hasil penelitian pada industri sale pisang sari murni yaitu setelah melakukan analisa menggunakan metode hayami terdapat nilai tambah pada industry sale pisang sari murni sebesar rp 5.740,- setiap kilogramnya. Buah pisang yang sebelum diolah mempunyai harga Rp 2.500 setelah diolah menjadi Rp 46.000,- untuk pisang sale dan Rp 35.000,- untuk pisang sale siem. Setelah melakukan analisis SWOT strategi pasar pada industry sale pisang sari murni adalah berada pada kuadran I yaitu menggunakan strategi SO ( Strength-opportunity) yaitu menggunakan kekuatan perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang dihadapi. Strategi tersebut yaitu : mengadakan kerjasama dengan reseller, lokasi strategis dekat dengan jalan besar dimaksimalkan untuk promosi dan pemasangan spanduk besar serta pemajangan produk yang lengkap, kualitas produk harus terus dijaga, menjaga ketersediaan bahan baku, pembinaan terhadap tenaga kerja.
References
Almasdi Syahza dan Cakra (2007). Analisi Nilai Tambah dan Peluang Pengembangan Bebuahan Sebagai Komoditas Unggulan Agribisnis Di Kabupaten Karimun Proponsi Riau. Jurnal Eksekutif Vol. 7 No. 4.
A Nugroho (2017). http://UMY.ac.id
Badan Pusat Statistik. Provinsi Jawa Barat , 2015.
Badan Pusat Statistik. Provinsi kabupaten Cilacap, 2018.
Dindy Darmawanti P dkk (2012). Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Jurnal SEPA. Vol 8. No. 2, 162-167.
Hayami, Kawagoe, Marooka, Siregar 1987(2017) dalam Blogspot.co.id.
Irwansyah Simin (2014) Analisi Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Sofie Di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis 2 (5), 510-516.
Mutmainah Hamidah dkk(2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Ubi Di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture,vol. 4 No. 2.
Nathalie Elfriyani dkk (2012). Analisis Nilai Tambah dan prospek Pengembangan Agroindustri Dodol Tomat. Sosio Ekonomika Bisnis. vol 15, No 1.
H. Apriyani.2015.https://repository.widyatama.ac.id
Ida BGS. Eka Artika, Ida Ayu Ketut Marini, (2016).Analisis Nilai Tambah (Value Added) Buah Pisang Menjadi Kripik Pisang Di Kelurahan Babakan Kota Mataram. Ganec Swara, Vol. 10, No 1.
Industri Rumah Tangga Sari Murni, 2018.
Khusna Ismiya Yanuasari dkk (2015). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Serta Pengembangan Agroindustri Kacang Oven Pada CV. TB Mitra Garuda Di Kabupaten Jember. Agritrop Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Vol. 13 No. 2.
Nurul Annisa/XI 115 B/26.(2005). Kewirausahaan Industri Rumah Tangga. www.academia.edu
R Alhalim.2016. dalam https://repository.Unpas.ac.id
Uswatun Hasanah dkk(2016). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang Di
Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmu Pertanian, Vol. 18 No 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.