Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Sale Pisang

Authors

  • Anah Furyanah Universitas Pamulang
  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3600

Keywords:

nilai tambah, strategi pemasaran, industri rumah tangga.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa manfaat buah pisang sebagai nilai tambah di industry sari murni kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap Jawa Tengah. selain itu juga untuk mengetahui rancangan staretegi pemasaran sale pisang pada industry rumah tangga sari murni di kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif analisis, menggunakan  analisa Nilai tambah  metode hayami dan analisa SWOT. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Cilacap  Provinsi Jawa Tengah.

Hasil penelitian pada industri sale pisang sari murni yaitu setelah melakukan analisa menggunakan metode hayami terdapat nilai tambah pada industry sale pisang sari murni sebesar rp 5.740,- setiap kilogramnya. Buah pisang yang sebelum diolah mempunyai harga Rp 2.500 setelah diolah menjadi Rp 46.000,- untuk pisang sale dan Rp 35.000,- untuk pisang sale siem. Setelah melakukan analisis SWOT strategi pasar pada industry sale pisang sari murni adalah berada pada kuadran I yaitu menggunakan strategi SO ( Strength-opportunity) yaitu menggunakan kekuatan perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang dihadapi. Strategi tersebut yaitu : mengadakan kerjasama dengan reseller, lokasi strategis dekat dengan jalan besar dimaksimalkan untuk promosi dan pemasangan spanduk besar serta pemajangan produk yang lengkap, kualitas produk harus terus dijaga, menjaga ketersediaan bahan baku, pembinaan terhadap tenaga kerja.

 

References

Almasdi Syahza dan Cakra (2007). Analisi Nilai Tambah dan Peluang Pengembangan Bebuahan Sebagai Komoditas Unggulan Agribisnis Di Kabupaten Karimun Proponsi Riau. Jurnal Eksekutif Vol. 7 No. 4.

A Nugroho (2017). http://UMY.ac.id

Badan Pusat Statistik. Provinsi Jawa Barat , 2015.

Badan Pusat Statistik. Provinsi kabupaten Cilacap, 2018.

Dindy Darmawanti P dkk (2012). Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Jurnal SEPA. Vol 8. No. 2, 162-167.

Hayami, Kawagoe, Marooka, Siregar 1987(2017) dalam Blogspot.co.id.

Irwansyah Simin (2014) Analisi Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Sofie Di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis 2 (5), 510-516.

Mutmainah Hamidah dkk(2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Ubi Di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture,vol. 4 No. 2.

Nathalie Elfriyani dkk (2012). Analisis Nilai Tambah dan prospek Pengembangan Agroindustri Dodol Tomat. Sosio Ekonomika Bisnis. vol 15, No 1.

H. Apriyani.2015.https://repository.widyatama.ac.id

Ida BGS. Eka Artika, Ida Ayu Ketut Marini, (2016).Analisis Nilai Tambah (Value Added) Buah Pisang Menjadi Kripik Pisang Di Kelurahan Babakan Kota Mataram. Ganec Swara, Vol. 10, No 1.

Industri Rumah Tangga Sari Murni, 2018.

Khusna Ismiya Yanuasari dkk (2015). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Serta Pengembangan Agroindustri Kacang Oven Pada CV. TB Mitra Garuda Di Kabupaten Jember. Agritrop Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Vol. 13 No. 2.

Nurul Annisa/XI 115 B/26.(2005). Kewirausahaan Industri Rumah Tangga. www.academia.edu

R Alhalim.2016. dalam https://repository.Unpas.ac.id

Uswatun Hasanah dkk(2016). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang Di

Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmu Pertanian, Vol. 18 No 3.

Downloads

Published

2019-10-01